Warna Tinja Bisa Menjadi Penanda Kesehatan Anda

DokterSehat.Com – Banyak orang yang melakukan buang air besar namun tidak pernah mau mengecek kondisi tinja mereka karena adanya rasa jijik. Padahal, jika kita mau mengecek kondisi tinja, kita bisa mengetahui apakah tubuh kita dalam keadaan yang sehat atau tidak. Sebagai contoh, anda yang mengalami diare tentu akan memiliki bentuk dan warna tinja yang berbeda jika dibandingkan dengan saat buang air besar normal, bukan? Terdapat beberapa jenis warna tinja yang bisa kita jadikan acuan akan kondisi tubuh kita layaknya sebagai berikut.

doktersehat-toilet-wasir-kencing-berdarah

Warna tinja yang kehitaman ternyata bisa menjadi pertanda sebuah masalah pada organ pencernaan. Warna hitam ini menandakan adanya pendarahan pada saluran pencernaan, tepatnya pada bagian organ perut bagian atas. Hanya saja, jika anda memakan beberapa jenis makanan yang berwarna hitam juga bisa menjadi penyebab mengapa tinja menjadi kehitaman. Jika warna tinja saat buang air besar adalah kekuningan dan disertai dengan bau yang sangat menyengat, maka ini adalah penanda bahwa tubuh anda sedang mengalami kondisi dimana kadar lemak dalam tubuh terlalu banyak. Anda bisa mulai mengurangi konsumsi makanan yang cenderung berlemak atau terlalu banyak mengandung protein.

Jika tinja yang anda keluarkan saat buang air besar adalah warna kemerahan, maka bisa jadi ini adalah pendanda adanya pendarahan pada organ saluran pencernaan layaknya pada saluran kencing atau pada saluran usus besar. Disamping itu, adanya gangguan wasir juga bisa menjadi penyebab warna kemerahan pada tinja. Beberapa orang juga mengeluarkan tinja yang berwarna kehijauan. Biasanya, vegetarian atau mereka yang sangat menyukai masakan dari tumbuhan hijau akan mengeluarkan tinja dengan warna kehijauan. Hanya saja, tinja berwarna hijau juga berpotensi menjadi tanda bahwa makanan terlalu cepat memasuki saluran pencernaan dan belum dicerna dengan sempurna.

Baca Juga:  Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dari Masalah Serangan Jantung atau Stroke

Tinja yang normal biasanya adalah yang berwarna kecoklatan dan memiliki bentuk yang tidak keras maupun tidak cair. Jika tinja yang anda keluarkan saat buang air besar masih normal, bukan berarti anda bisa memakan makanan sembarangan. Tetaplah menjaga asupan dan pola makan yang benar agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan buang air besar pun tidak akan bermasalah.