Mengenal Jenis Warna Sperma dan Kondisi Kesehatan yang Menyertai Pria

doktersehat warna sperma

DokterSehat.Com – Selama ini kita hanya mengenal warna sperma atau air mani adalah putih dengan kekentalan yang berbeda-beda. Selain itu kita tidak tahu kalau sebenarnya warna sperma cukup beragam dan masing-masing warna bisa menjadi tanda kesehatan dari pria.

Untuk mengetahui tanda kesehatan apa saja yang dialami pria dari warna sperma yang dihasilkan, simak ulasan di bawah ini.

  1. Putih kekuning-kuningan

Sperma yang berwarna kekuningan biasanya terjadi pada pria yang sudah semakin lanjut. Kondisi ini cukup normal selama tidak ada gangguan seperti rasa sakit saat ejakulasi terjadi atau saat berhubungan seks.

Selain karena faktor usia, sperma dengan warna ini juga terjadi kalau pria mengonsumsi makanan tinggi sulfur. Agar warna sperma kembali pria disarankan untuk mengurangi bawang bombay, bawang putih, dan brokoli.

  1. Putih pekat

Sperma yang keluar juga bisa putih pekat dan kekentalannya tinggi. Pria yang mengalami kondisi ini tidak perlu khawatir karena tidak berbahaya untuk kesehatan. Kondisi sperma jadi pekat terjadi karena ada penumpukan sperma akibat pria jarang ejakulasi.

  1. Kuning keemasan

Sperma yang berwarna keemasan atau kuning biasanya terjadi karena ada campuran urine. Pria yang tidak menginginkan spermanya tercampur dengan urine disarankan untuk kencing dahulu sebelum berhubungan badan dengan pasangan.

Saat pria menahan kencing, ada urine yang tersangkut di dekat saluran yang menyemburkan sperma. Saat pria ejakulasi urine jadi ikut keluar dan dua cairan ini tercampur.

  1. Merah atau agak cokelat

Kalau sperma yang keluar berwarna merah atau agak kecokelatan berarti ada gangguan pada prostat atau saluran kemih. Warna ini muncul akibat perdarahan yang terjadi di dalam organ dan ikut keluar terbawa sperma.

Nah, dari empat warna sperma di atas, mana yang kira-kira pernah Anda alami?