Warna Sperma Ternyata Bisa Menandakan Kesuburan Seorang Pria

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan dr. Bastuba yang merupakan spesialis kesuburan dan pengobatan seksual pria baru-baru ini mengemukakan informasi yang cukup menarik. Menurut beliau, warna sperma ternyata bisa menandakan kesehatan atau kesuburan seorang pria. Seperti apakah penjelasan dari hal ini?

doktersehat-sperma-air-mani

Dr. Bastuba menyebutkan bahwa normalnya, sperma memiliki warna putih atau abu-abu yang terang, namun, karena kondisi kesehatan tertentu, warna, tekstur, atau bahkan bau sperma bisa mengalami perubahan yang perlu diwaspadai. Sebagai contoh, andai sperma memiliki warna kekuningan atau kehijauan, maka dikhawatirkan pria mengalami masalah infeksi prostat yang sebaiknya segera diperiksakan diri ke dokter untuk mendapatkan resep antibiotik untuk mengatasinya. Selain itu, andai sperma ternyata berwarna kekuningan dan memiliki bau yang busuk, maka hal ini menandakan bahwa sperma memiliki kandungan urine di dalamnya. Yang menjadi masalah adalah, warna dan bau sperma seperti ini ternyata juga menandakan adanya gangguan kesuburan.

Jika sperma pria berwarna kuning pekat dan tidak menimbulkan bau apapun, maka hal ini menandakan sperma sudah lama tidak dikeluarkan karena pria jarang mengalami ejakulasi. Sementara itu, andai sperma memiliki warna merah muda atau bahkan cokelat kemerahan, maka hal ini menandakan adanya pendarahan atau peradangan pada prostat pria.

Tak hanya warna, ada baiknya pria memperhatikan tekstur dan bau spermanya. Saat awal-awal ejakulasi, sperma biasanya cenderung memiliki tekstur kental meskipun kemudian tekstur ini cenderung lebih encer. Hanya saja, jika tekstur sperma ini cenderung berair, sangat lengket, dan memiliki bau busuk, maka hal ini menandakan kondisi fisik pria yang kurang fit dan bisa pulih dengan sendirinya. Andai kondisi ini terus berlangsung lebih dari sepekan dan bahkan disertai dengan air seni yang disertai darah, adanya rasa nyeri, demam, gatal-gatal, atau bahkan disfungsi seksual, maka dikhawatirkan pria mengalami masalah kesuburan dan sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter.