Warna Sperma Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Seorang Pria

DokterSehat.Com– Warna sperma yang dikeluarkan oleh pria ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatannya. Umumnya, warna sperma pria yang sehat adalah yang seperti putih susu, atau sedikit kekuningan karena tercampur dengan urine. Hanya saja, jika warna sperma tiba-tiba saja berubah menjadi seperti ini, ada baiknya kita berhati-hati karena bisa menjadi tanda akan adanya penyakit tertentu.

doktersehat-kesuburan-pria-paracetamol-viagra-overdosis

Sperma berwarna kemerahan
Jika air mani yang dikeluarkan pria memiliki warna kemerahan atau seperti merah muda, hal ini menandakan bahwa sperma memiliki darah. Pria sebaiknya mewaspadai adanya penyakit menular seksual atau adanya peradangan pada bagian tubuh layaknya prostat. Dalam beberapa kasus, hal ini juga bisa disebabkan oleh masalah tekanan darah tinggi atau bahkan adanya tanda-tanda kanker.

Sperma berwarna kuning
Meskipun terkadang sperma berwarna kekuningan, namun warnanya tidak benar-benar kuning. Jika warnanya sangat kuning, bisa jadi hal ini disebabkan oleh sakit kuning atau penyakit menular seksual lainnya yang patut untuk diwaspadai.

Sperma berwarna hijau
Jika cairan sperma yang dikeluarkan pria memiliki warna kehijauan, maka hal ini adalah tanda dari adanya penyakit menular seksual. Warna hijau seringkali disebabkan oleh infeksi bakteri yang sudah mencapai bagian prostat.

Jika anda menemukan sperma yang dikeluarkan memiliki warna yang mencurigakan, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya dengan pasti dan mendapatkan pengobatan dengan tepat.