Warna Mata Kuning Bisa Jadi Tanda Liver Bermasalah

DokterSehat.Com – Setiap kelainan pada mata, Anda tidak boleh mengabaikannya. Penyakit yang menyerang lever atau hati, ditandai dengan gejala mata kekuningan.

406222092_211c5ce140_o

Pakar kesehatan Cassandra Barns mengatakan, mata kekuningan merupakan tanda Hepatitis, disfungsi hati, obstruksi saluran empedu atau penyakit kuning.

Sebelum makanan melewati seluruh tubuh, lever akan menjadi filter (penyaring) racun pada makanan yang kita konsumsi. Selama proses ini, hati mengeluarkan empedu yang merupakan cairan hasil pembakaran sel-sel darah yang sudah tua atau mati. Bila ini tidak berjalan dengan baik, maka warna kulit dan bagian putih mata berubah menjadi kekuningan karena meningkatnya bilirubin dalam plasma darah, katanya, seperti dimuat Dailymail, Minggu (30/8/2015).

Untuk mencegahnya, pakar kesehatan Michela Vagnini mengatakan untuk melakukan hal berikut :

• Minum air hangat dengan perasan air jeruk lemon di pagi hari untuk membersihkan tubuh Anda dari racun.

• Konsumsi suplemen hati yang mengandung kolin, serta milk thistle, artichoke, brokoli konsentrat, dan berbagai antioksidan yang kaya seluruh ekstrak makanan.

• Konsumsi telur dan bawang akan mendukung proses detoksifikasi

• Memperbanyak konsumsi sayuran untuk mengikat empedu dan membuang racun dalam usus, serta menyerap vitamin, mineral dan antioksidan untuk mendukung detoksifikasi. Secara khusus, konsumsi sayuran pahit seperti selada, dan sayuran seperti kol, brokoli, dan kembang kol.

• Membatasi makanan olahan, minyak, dan mengurangi asupan gula dan tepung putih

• Mengurangi alkohol

BACA JUGA : Tes Kesehatan Wajib Bagi Masyarakat Perkotaan