Warna Lidah Menandakan Adanya Penyakit

DokterSehat.com – Saat tubuh mengalami beberapa masalah di tubuhnya, biasanya tubuh juga akan memberikan pertanda yang dapat dilihat dengan kasat mata atau dirasakan pada beberapa bagian tubuh manusia. Salah satu bagian tubuh yang dapat mengindikasikan adanya masalah pada tubuh adalah lidah, khususnya dalam hal warna lidah yang ternyata dapat berubah ubah seiring adanya perubahan kondisi pada tubuh.



Lidah sendiri adalah sebuah organ tubuh yang memiliki fungsi sebagai pengecap makanan yang tentu saja akan berpengaruh pada rasa makanan ataupun pada selera makan kita. Fungsi lidah sebagai pengecap ini dapat menghilang saat terjadi sebuah kelainan maupun penyakit. Namun lidah sendiri dapat difungsikan sebagai pendeteksi adanya penyakit pada tubuh manusia. Normalnya, kita hanya mengetahui jika lidah memiliki warna merah muda. Namun, lidah kadang berubah warna sesuai dengan kondisi yang terjadi pada tubuh manusia. Diantara warna-warna tersebut adalah:

Lidah berwarna putih

Saat lidah mengalami perubahan ke warna putih, hal ini menandakan orang tersebut biasanya menderita tifus, namun warna putih pada lidah ini juga dapat menunjukkan gejala flu atau masalah pencernaan, jika warna putih ini tipis-tipis, biasanya orang tersebut sedang kekurangan darah.

Lidah berwarna kuning

Saat lidah mengalami warna kekuningan, dapat diindikasikan bahwa tubuh mengalami infeksi bakteri. Jika warna kuningnya agak kehijauan, maka infeksi bakteri sudah cukup tinggi. Warna kuning dapat berarti adanya panas tubuh yang berlebih, yang bisa disebabkan oleh adanya konsumsi rokok, makanan pedas, alkohol, atau adanya stress.

Lidah berwarna merah

Jika lidah anda menjurus ke warna merah, hal ini menandakan adanya aktifitas panas pada tubuh. Jika warna merah hanya ada di ujung lidah, hal ini menandakan adanya panas pada jantung, sementara itu jika warna mereah berada di ujung kanan atau kiri lidah, bisa jadi ada masalah di ginjal dan kandung empedu.

Baca Juga:  Pertolongan Pertama pada Overdosis Alkohol

Lidah berwarna biru

Jika lidah mengalami perubahan warna ke warna biru, maka hal ini menandakan adanya darah yang dingin atau statis, tidak bergerak. Jika warna biru menjurus ke keunguan, brarti kondisi darah justru lebih parah.

Lidah berwarna ungu

Jika lidah berwarna keunguan, maka ada indikasi adanya aliran darah yang tidak lancar atau adanya demam. Bahkan, jika warna ungun meliputi seluruh bagian lidah, bagian organ dalam tubuh diindikasikan sedang mengalami panas yang cukup tinggi.