Warna Kotoran Telinga Bisa Menandakan Penyakit yang Kita Derita

DokterSehat.Com – Demi menjaga kesehatan tubuh, pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu menjaga kebersihan. Salah satu bagian tubuh yang sebaiknya kerap kita bersihkan adalah telinga mengingat daun telinga bisa menjadi kotor oleh debu, daki, atau bahkan kotoran yang berasal dari lubang telinga. Sebagai informasi, kotoran telinga atau dalam dunia medis disebut sebagai serumen ini memiliki fungsi sebagai pelumas bagian dalam telinga dan menangkap debu atau bakteri dari luar telinga. Meski terlihat menjijikkan, kotoran telinga jelas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, menurut pakar kesehatan, warna dari kotoran telinga ini ternyata bisa menjadi tanda akan adanya kondisi kesehatan tertentu. Seperti apakah penjelasan dari hal ini?

doktersehat-telinga-ears-sakit-cotton-bud-warna-kotoran-kelainan

Kotoran telinga berwarna kuning
Pakar kesehatan menyebutkan jika kotoran telinga yang ideal adalah yang berwarna kuning, lengket, dan sedikit basah. Kotoran telinga ini menandakan telinga sedang dalam kondisi sehat dan tidak terkena infeksi sama sekali.

Kotoran telinga berwarna kuning pucat
Jika anak-anak dengan usia di bawah delapan tahun memiliki kotoran telinga dengan warna kuning pucat, maka hal ini menandakan kondisi telinganya sehat. Hanya saja, jika kondisi ini terjadi pada orang dewasa, maka hal ini menandakan masalah kekurangan asupan vitamin B.

Kotoran telinga berwarna cokelat gelap dan tebal
Jika kotoran telinga berwarna cokelat gelap dan memiliki tekstur yang tebal, maka bisa jadi hal ini menandakan adanya gangguan hormonal atau disebabkan oleh masalah kecemasan berlebih hingga stress.

Kotoran telinga berwarna abu-abu
Kotoran telinga yang berwarna abu-abu dan cenderung basah atau lengket menandakan adanya kotoran pada telinga. Jika kotoran ini cenderung kering dan rapuh serta diiringi dengan munculnya rasa gatal, maka hal ini adalah tanda dari penyakit eksim.

Baca Juga:  Infeksi Telinga - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Kotoran telinga encer
Kotoran telinga yang encer layaknya air menandakan adanya masalah atau kerusakan pada gendang telinga yang tentu harus segera diperiksakan ke dokter.

Kotoran telinga disertai darah
Jika saat mengorek telinga kita menemukan bercak darah, maka hal ini menandakan adanya kerusakan pada gendang telinga atau adanya infeksi telinga.