Warna Darah Selama Fase Menstruasi Tidak Selalu Sama

DokterSehat.Com – Apakah darah yang keluar selama fase menstruasi selalu sama, yakni merah? Pakar kesehatan dr. Sara Twogood, MD, yang berasal dari Keck Medicine of USC menyebutkan jika darah yang muncul selama fase menstruasi ternyata berbeda-beda. Sebagai contoh, saat hari pertama haid atau menjelang usainya fase haid, akan menunjukkan warna yang berbeda-beda. Mengingat warna darah yang keluar cukup berbeda-beda, ada baiknya kita lebih baik dalam mengenal warna darah menstruasi yang sehat dan tidak seperti sebagai berikut.

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntu

Andai darah yang keluar berwarna merah cerah
Apakah warna darah menstruasi yang merah terang menunjukkan sesuatu yang berbahaya? Pakar kesehatan berkata jika warna darah merah cerah ini sama sekali tidak berbahaya dan hanya menunjukkan jika darah yang keluar berpotensi masih cukup banyak sehingga kita bisa mempersiapkan pembalut ekstra yang bisa dipakai bergantian 3 hingga 4 kali dalam sehari. Warna darah merah ini sendiri adalah tanda dimana akan ada aliran darah baru yang cukup banyak dalam satu hingga dua hari ke depan. Hal ini berarti, kita bisa mengkonsumsi cukp banyak protein agar bisa menangkal efek samping dari banyaknya darah yang keluar dari tubuh.

Andai darah yang keluar berupa gumpalan
Biasanya, darah yang keluar dengan gumpalan kecil adalah hal yang umum terjadi, khususnya di fase-fase terberat pendarahan. Gumpalan darah ini terjadi karena aliran darah terjadi begitu cepat sehingga belum sempat mengencerkannya. Hanya saja, andai aliran darah ini disertai dengan gumpalan yang berukuran besar dan disertai dengan kram perut yang sangat hebat, ada baiknya wanita mewaspadai sindrom ovarium polikistik yang berbahaya dan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter khusus.

Baca Juga:  Mengenal Berbagai Jenis Alat Kontrasepsi

Andai darah disertai warna kecoklatan atau kehitaman
Pakar kesehatan menyebutkan jika darah menstruasi tidak selalu harus berwarna merah segar. Kadangkala, darah haid juga disertai warna kecoklatan atau kehitaman dan hal ini adalah sesuatu yang normal. Biasanya, darah haid ini menandakan bahwa fase menstruasi akan segera berakhir.