Warna Darah Saat Menstruasi Bisa Menandakan Kesehatan Rahim

DokterSehat.Com – Bagi kaum hawa, fase menstruasi adalah masa dimana mereka membuang berbagai darah kotor yang ada di dalam tubuh. Meskipun bisa memberikan rasa sakit, fase menstruasi sangatlah ditunggu-tunggu karena kedatangannya yang lancar bisa menandakan tubuh wanita sedang dalam kondisi yang sehat. Namun, tahukah anda jika warna darah yang keluar saat menstruasi juga bisa menjadi tanda akan kondisi kesehatan wanita? Pakar kesehatan menyebutkan jika gelap-terangnya warna darah menstruasi bisa menandakan adanya masalah atau tidak pada organ reproduksi wanita.

doktersehat-menstruasi-darah-datang-bulan-pantyliner-softex-pembalut-berenang

Warna darah menstruasi yang menandakan kondisi organ reproduksi wanita yang sedang normal adalah merah kegelapan. Biasanya, darah dengan warna ini akan muncul saat fase menstruasi akan berakhir dan menunjukkan tingginya kadar estrogen dalam tubuh. Gelapnya warna ini disebabkan oleh kekentalan dan tanda bahwa darah telah lama tersimpan di uterus. Biasanya, darah dengan warna ini akan muncul saat wanita baru bangun pagi atau di fase dimana darah menstruasi sedang keluar dengan sangat deras. Kadang kala, keluarnya darah ini juga disertai dengan bercak cokelat atau kehitaman yang masih dianggap normal. Selain itu, darah juga bisa keluar dalam kondisi menggumpal di fase akhir menstruasi yang juga menandakan hal yang normal.

Warna darah menstruasi merah terang juga adalah hal yang normal dan keluar di fase awal menstruasi. Hanya saja, waspadalah jika warna darah ini tetap merah terang selama beberapa hari dan diiringi dengan kram karena bisa menjadi tanda gugurnya kista ovarium atau bahkan keguguran. Hal ini tentu harus segera diperiksakan ke dokter.

Kadangkala darah pada menstruasi juga disertai dengan bercak merah terang atau merah muda. Hal ini menandakan rendahnya kadar estrogen dalam tubuh dan kerap kali terjadi saat fase menstruasi tidak teratur. Segera kunjungi ke dokter untuk berkonsultasi akan hal ini.