Warna Dahak Bisa Menunjukkan Seberapa Parah Masalah Kesehatan yang Sedang Terjadi

DokterSehat.Com – Bagi mereka yang sedang terkena batuk kering, tenggorokan tentu akan terasa sangat tersiksa mengingat tidak ada dahak yang bisa dikeluarkan dari saluran pernafasan namun terasa sangat gatal. Banyak orang yang berkata bahwa ada sensasi lega andai kita terkena batuk namun berhasil mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Menurut pakar kesehatan, dahak memang bisa dikeluarkan dan memberikan sensasi lebih nyaman. Selain itu, pakar kesehatan juga menunjukkan fakta menarik dimana warna dahak yang kita keluarkan saat sakit ternyata bisa menandakan seberapa parah masalah kesehatan yang sedang kita idap.

doktersehat-sakit-flu-batuk-orang-tua-penumonia-tersedak

Profesor Rob Wilson yang berasal dari Royal Bromtpon and Harefield NHS Trust, Inggris, berkata bahwa warna dahak yang dikeluarkan ternyata memang bisa menjadi acuan para dokter untuk mengetahui kondisi pilek seorang pasien. Sebagai contoh, jika dahak yang dikeluarkan pasien cenderung berwarna cerah atau putih, maka penyakit pilek ini masih dalam kondisi yang ringan. Sementara itu, jika dahak yang dikeluarkan ternyata sudah berwarna kekuningan, maka ada resiko infeksi pada penyakit ini. Dahak yang berwarna kehijauan menandakan bahwa pasien sudah mengalami infeksi dan juga infeksi sekunder pada tubuhnya. Sementara itu, jika dahak justru menunjukkan warna layaknya karat, maka kondisi pasien bisa dipastikan benar-benar tidak sehat dan harus segera diobati.

Tak hanya menunjukkan tingkat keparahan penyakit pilek, warna dahak ternyata juga bisa menandakan adanya penyakit tertentu. Menurut Profesor Wilson, dahak yang memiliki warna kuning kehijauan dengan tekstur kental dan agak pekat menandakan infeksi bakteri pada saluran pernafasan. Jika dahak ternyata memiliki warna putih atau keabu-abuan, maka hal ini menandakan adanya gangguan sinus atau infeksi saluran pernafasan atas. Selain itu, ada pula dahak berwarna kecokelatan yang menandakan adanya benda asing layaknya tar dari rokok. Yang berbahaya adalah jika dahak ternyata memiliki warna merah muda yang berarti sudah tercampur dengan darah. Warna dahak ini mengindikasikan penyakit edema paru-paru. Jika dahak juga cenderung berbusa, maka dikhawatirkan ini adalah indikasi dari penyakit jantung.