Warna ASI Berbeda-Beda, Normalkah?

asi-perah-doktersehat
Photo Credit: thebump

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengamati bahwa warna ASI Anda kadang tampak berbeda dari hari ke hari? Jika ya, Anda tak perlu khawatir karena hal ini sangat normal. Lalu, apa penyebab warna ASI berbeda-beda?

Penyebab warna ASI berbeda-beda

Warna ASI sangat tergantung pada kandungan yang ada di dalamnya. Karena itu warna ASI kadang tidak selalu berwarna putih kekuningan, namun bisa juga berubah agak kemerahan, atau putih pucat, tergantung apa yang sedang dikonsumsi ibu. Warna ASI seorang ibu pun tidak sama dengan warna ASI ibu lainnya.

Dilansir dari laman very well family, berikut ini beberapa perbedaan warna ASI yang sering muncul:
1. Warna hijau
Pernahkan Anda mendapati warna ASI Anda berubah kehijauan? Hal ini bisa terjadi jika Anda banyak mengonsumsi sayuran seperti bayam, rumput laut, atau beberapa suplemen untuk diet. Namun umumnya hal ini baru terjadi jika Anda memakan sayuran dalam jumlah yang sangat banyak.

2. Warna keunguan
ASI berwarna keunguan umumnya disebabkan oleh makanan mengandung warna ungu yang sangat tinggi seperti buah naga merah. Beberapa ibu sempat panik ketika melihat ASI perahnya berwarna ungu setelah memakan buah naga merah. Namun hal ini merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya bagi ibu dan bayi.

3. Warna putih susu atau kekuningan
ASI berwarna putih susu merupakan warna ASI yang normal. ASI yang keluar di awal ini biasa disebut foremilk dan memiliki kandungan lemak yang rendah. Ketika warna ASI berubah menjadi lebih creamy berarti kandungan lemak dalam susu meningkat. ASI jenis ini disebut hindmilk.

4. Warna hitam
Warna ASI yang berubah menjadi hitam disebabkan oleh penggunaan obat antibiotik jenis Minocin. Minocin juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Pada praktiknya saat ini sudah jarang ditemui pemberian Minocin pada ibu menyusui karena dianggap berbahaya.

5. Warna merah kecokelatan
ASI yang berwarna merah kecoklatan umumnya disebabkan oleh ibu yang menyusui dengan kondisi puting terluka. Tidak perlu panik, jangan membuang ASI perah Anda jika mengalami hal ini. Cukup lakukan perawatan pada payudara agar puting segera pulih.

Nah, sudah jelas kan Mom? Tidak perlu khawatir lagi jika ternyata ASI Anda memiliki warna yang berbeda dari hari ke hari. Selamat menyusui!

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik