Wanita Yang Sulit Hamil Bisa Jadi Karena Sperma Yang Bermasalah

DokterSehat.Com – Salah satu ketakutan dari pasangan yang sudah menikah adalah kemungkinan untuk kesulitan mendapatkan keturunan. Anak disebut sebagai buah hati karena bisa menjadi hasil cinta dari kedua pasangan yang akan dirawat dan membawa kebahagiaan tak terkira di kemudian hari. Sayangnya, baberapa pasangan justru mengalami masalah dalam mendapatkan keturunan karena kondisi mandul pada sang wanita atau bahkan kondisi sperma dari sang pria yang bermasalah. Apa yang dimaksud dengan masalah pada sperma?

doktersehat-seks-pria-penis

Sperma yang bermasalah ternyata adalah salah satu masalah tebesar dari sulitnya mendapatkan keturunan bagi pasangan suami istri. Disamping jumlah sperma, kualitas dari sperma ternyata menjadi penyebab utama mengapa pasangan tidak bisa mendapatkan anak mengingat sperma yang buruk tentu akan semakin sulit untuk membuahi sel telur. Banyak orang yang berkata bahwa kebiasaan anak muda yang memakai gadget di saku celana atau memangku laptop sebagai penyebab utama dari buruknya kualitas sperma pada pria.

Selain faktor penggunaan teknologi yang tidak benar, kebiasaan buruk lain layaknya merokok ternyata bisa memicu buruknya kualitas sperma berupa sperma yang cair dan biasanya tidak memiliki ekor sehingga sel sperma pun tidak akan sampai hingga sel telur sehingga pembuahan pun tidak akan bisa dilakukan. Jumlah sperma yang cenderung sedikit, yang berkisar hanya lima juta per cc tentu tidak ideal untuk membuahi sel telur dimana setidaknya pria harus mengeluarkan lima juta sperma per cc. Memang, sperma yang banyak tidak selalu menjamin mudahnya pembuahan, namun, jumlah yang banyak tentu berarti kemungkinan pembuahan yang lebih besar.

Untuk menjaga sperma dari masalah yang bisa menyebabkan sulitnya mendapatkan keturunan, pria sebaiknya menjaga organ kelamin dari udara panas atau kondisi yang terlalu panas. Memangku laptop atau berendam pada air panas ternyata bisa membuat kualitas sperma menjadi buruk karena sperma membutuhkan suhu yang lebih rendah dari suhu tubuh. Selain itu, nutrisi yang bisa menjaga produksi sperma juga dibutuhkan pria agar jumlah sperma yang dibutuhkan untuk membuahi sel telur bisa dicapai dan kemungkinan untuk mendapatkan keturunan pun menjadi lebih baik.