Wanita yang Merokok 13 Kali Lipat Beresiko Terkena Serangan Jantung

DokterSehat.Com– Hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Sheffield University dan South Yorkshire Cardiotoracic Center menunjukkan fakta mengerikan tentang dampak kesehatan yang dialami oleh wanita yang merokok. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa wanita muda yang merokok ternyata meningkatkan resiko terkena serangan jantung hingga 13 kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

doktersehat-merokok-wanita

Dalam penelitian yang melibatkan 3 ribu pasien yang sedang menjalani pengobatan serangan jantung di South Yorkshire Cardiotoracic Center ini diketahui bahwa wanita di bawah usia 50 tahun yang merokok akan cenderung lebih mudah terkena serangan jantung jika dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok atau pria yang merokok pada usia yang sama. Sementara itu, wanita yang memiliki rentang usia 50 hingga 65 tahun ternyata 11 kali lebih beresiko terkena serangan jantung, jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan pria dalam rentang usia yang sama yang hanya memiliki peningkatan resiko hingga 4,6 kali lipat.

Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, dr. Ever Grech, menyebutkan bahwa temuan ini cukup mengejutkan banyak orang karena sebelumnya orang percaya bahwa hormon pada tubuh wanita bisa memberikan perlindungan lebih baik bagi kesehatan kardiovaskular. Namun, karena kebiasaan merokok, sistem kekebalan pada tubuh wanita akan cenderung menurun sehingga membuat mereka lebih beresiko terkena penyakit.

Dr. Grech sendiri menyebutkan bahwa dalam penelitian-penelitian kesehatan terdahulu, rokok memang bisa meningkatkan resiko terkena serangan jantung hingga lima kali lipat tanpa memandang usia ataupun jenis kelamin. Selain itu, para perokok atau mantan perokok juga memiliki resiko dua kali lipat untuk terkena penyakit yang berkaitan dengan jantung jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Baca Juga:  Tips Ampuh Berhenti Merokok

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya memang semua orang, khususnya kaum hawa, tak lagi merokok demi kesehatannya.