Wanita yang Kerap Melakukan Hal Ini Lebih Beresiko Terkena Kanker Serviks

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan di bidang obstetri dan ginekologi bernama Dr. dr. Tofan Widya Utami, Sp.OG (K) menyebut wanita yang hobi merokok ternyata cenderung meningkatkan resiko terkena kanker serviks hingga 3 kali lipat. Apa penyebab dari hal ini?

doktersehat-stop-kanker-serviks

Menurut dr. Tofan yang berasal dari Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, kebiasaan merokok mampu membuat tubuh wanita terpapar radikal bebas dengan jumlah yan lebih banyak. Hal ini ternyata ikut berpengaruh buruk pada resiko terkena kanker serviks dengan signifikan. Selain merokok, faktor penyebab meningkatnya resiko kanker serviks adalah kehidupan seks yang tidak sehat layaknya kerap bergonta-ganti pasangan.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa wanita yang suka berhubungan intim dengan lebih dari 5 pasangan akan meningkatkan resiko terkena kanker serviks hingga 12 kali lipat. Selain itu, wanita yang sudah berhubungan intim di usia kurang dari 18 tahun juga akan beresiko lebih besar terkena penyakit tersebut.

Kasus kanker serviks di seluruh dunia sebagian besar dipicu oleh Human Papiloma Virus atau HPV dengan rasio 99,7 persen. Yang menjadi masalah adalah, virus ini bisa saja berpindah dan ditemukan di berbagai tempat meskipun memang penularan dari penyakit ini lebih sering disebabkan oleh hubungan intim yang tidak aman.

Demi menurunkan resiko kematian yang disebabkan oleh kanker serviks. Dr. Tofan menyarankan kaum hawa untuk rajin-rajin melakukan deteksi dini menggunakan metode IVA atau pap smear. Dengan mendeteksi kanker serviks sejak dini, diharapkan pengobatan akan lebih mudah untuk dilakukan dengan kemungkinan untuk sembuh yang jauh lebih besar.