Wanita Ternyata Membutuhkan Waktu Tidur Lebih Lama Daripada Pria

DokterSehat.Com – Ada sebuah mitos yang berkembang di tanah air dimana seorang wanita, khususnya yang sudah berperan sebagai ibu akan memiliki waktu tidur yang lebih sedikit dibandingkan dengan anggota keluarga lain. Ibu akan tidur dikala anggota keluarga lainnya sudah terlelap dan terbangun kala semua anggota keluarga lain masih memejamkan mata. Hal ini memang tidak selalu benar, namun, banyak ibu yang benar-benar melakukannya. Padahal, menurut pakar kesehatan, kaum hawa sebenarnya membutuhkan waktu tidur yang lebih lama jika dibandingkan dengan pria. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Sebuah penelitian dilakukan di Leicestershire, Inggris, dimana pakar kesehatan dari Loughborough University’s Sleep Research Center menemukan fakta bahwa otak wanita jauh lebih kompleks dari yang dimiliki oleh pria. Sistem pada otak wanita juga terhubung dengan cara yang berbeda dan lebih rumit sehingga seharusnya wanita mendapatkan waktu tidur yang lebih lama. Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat; Professor Jim Horne, berkata jika kondisi ini membuat wanita cenderung lebih mampu melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu atau yang dimaksud dengan multitasking, dengan cara yang fleksibel dan efisien.

Jika kaum hawa tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, apalagi kesulitan untuk tidur 7 hingga 8 jam setiap malamnya sebagaimana yang banyak direkomendasikan oleh pakar kesehatan, dikhawatirkan kompleksnya fungsi pada otaknya akan membuat dirinya lebih mudah mengalami stress dan masalah psikologis. Banyak kasus dimana kaum hawa yang kurang tidur justru akan mengalami depresi dan lebih mudah berpikir secara negatif. Hal yang sama cenderung sangat jarang terjadi jika kaum pria yang mengalami masalah kurang tidur.

Lantas, berapa lamakah waktu tidur yang dibutuhkan oleh wanita? Pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kaum hawa menambah 20 menit waktu tidurnya jika dibandingkan dengan pria. Namun, ada baiknya kaum hawa lebih fokus mendapatkan waktu tidur yang berkualitas dan cukup setiap malamnya agar fisik dan pikirannya tetap sehat.