Terlahir Tanpa Vagina, Wanita Ini Memakai Vagina Buatan dari Kulit Ikan

Photo Source: Touchrwanda.com

DokterSehat.Com– Wanita berusia 23 tahun bernama Jucilene Marinho dari Brasil terlahir tanpa memiliki organ vital. Kondisi ini disebabkan oleh masalah kesehatan bernama Mayer-Rokitansky-Kuster-Hauser, kelainan langka yang bisa menyerang 1 dari 5.000 bayi perempuan yang baru dilahirkan. Tak hanya membuat wanita terlahir tanpa vagina, hal ini juga bisa membuat wanita tidak memiliki organ reproduksi.

Dilansir dari Metro.co.uk, Jucilene pun akhirnya menjalani prosedur operasi yang membuatnya bisa memiliki vagina buatan yang terbuat dari kulit ikan nila. Hanya saja, saat melakukan prosedur ini, dokter bedah harus membuat celah diantara organ vital dan anus miliki Juciline. Cetakan vagina dari kulit ikan nila ini akan terserap oleh tubuh Juciline sehingga akan membentuk jaringan yang persis sama dengan organ vital sungguhan.

Kulit nila yang dipakai sebagai cetakan vagina ini harus diproses secara khusus agar bersih dan steril di laboratorium. Tak hanya membunuh virus atau bakteri berbahaya, proses ini juga menghilangkan sisik, bau, dan berbagai hal yang tidak baik lainnya.

Sebagai informasi, Juciline baru menyadari kondisi ini saat usianya 15 tahun. Tak hanya tidak memiliki vagina, Juciline juga tidak memiliki rahim, indung telur, dan leher rahim. Yang luar biasa adalah, Juciline tetap saja mengalami nyeri menstruasi setiap bulan meski tidak pernah mengeluarkan darah kotor.

Saat tahu bahwa dirinya tak memiliki organ vital dan rahim, Juciline sempat mengalami depresi saat tahu bahwa dirinya tidak akan memiliki keturunan.

Kulit ikan nila dianggap sebagai bahan yang lembab dan kaya akan kolagen tipe 1 yang bisa mendorong proses penyembuhan luka. Sebelumnya, kulit ikan nila dipakai sebagai terapi untuk mengobati korban luka bakar.