Wanita Rentan Keropos Tulang

DokterSehat.com – Kerapuhan tulang atau Osteoporosis adalah penyakit tulang yang umum dijumpai. Secara alamiah kasus osteoporosis lebih sering menyerang kaum wanita. Diperkirakan 2 dari 5 wanita berisiko terkena osteoporosis dan kondisi seperti ini makin banyak terjadi pasca menopause.



Dibanding wanita, sejak awal pria mempunyai simpanan mineral tulang yang cenderung lebih banyak dan juga cenderung lebih sedikit kehilangan massa tulang.

Dr. dr.Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, memaparkan bahwa faktor kehamilan serta menyusui mengakibatkan wanita rentan terkena osteoporosis. Proses pembentukan gigi dan tulang janin bersumber dari kalsium yang dikonsumsi oleh ibu. Apabila ibu kurang asupan kalsium maka akan diambil dari cadangan kalsium yang terdapat pada tulang.

Proses pengeroposan tulang yang menyerang wanita mengalami peningkatan tajam setelah usia di atas lima puluh tahun. Hal ini disebabkan adanya penurunan hormon estrogen sebagai akibat proses menopause.

Faktor risiko osteoporosis yang lain adalah riwayat keluarga, usia tua, mempunyai tulang kecil, kurang asupan kalsium dalam makanan, jarang olahraga, konsumsi alkohol dan kafein berlebihan, dan merokok.

Osteoporosis akan memicu peningkatan risiko patah tulang yang dapat berakibat kecacatan. Kendati demikian penurunan kepadatan tulang dapat dicegah dari usia muda, dengan cara menerapkan pola makan sehat yang cukup kalsium, cukup olahraga, serta cukup paparan sinar matahari.

Berjemur selama lima belas menit dalam 2 – 3 kali seminggu dapat membantu pertumbuhan vitamin D di bawah kulit lebih aktif sehingga kalsium dapat diserap dengan sempurna.

Menurut Dr. dr.Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, kebutuhan kalsium orang dewasa per hari mencapai 1.000 – 1.200 miligram. Jumlah tersebut dapat bersumber dari ikan yang dimakan beserta tulang (ikan teri), susu, tablet suplemen, dan sayuran hijau.

Baca Juga:  Tips Aman Bermasturbasi

Sumber: http://health.kompas.com/read/2012/10/02/14534558/Wanita.Rentan.Keropos.Tulang