Wanita Mudah Lelah Meski Sudah Cukup Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com – Cukup banyak wanita yang mengeluhkan tubuhnya terasa lelah dan sulit untuk berkonsentrasi meskipun mereka sudah tidur dengan cukup, yakni minimal tujuh jam dalam semalam, dan makan secara teratur tiga kali dalam sehari. Apa sebenarnya yang menyebabkan munculnya rasa lelah ini?

doktersehat-sakit-wanita-leher-lelah-pundak-text-neck-main-ponsel

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa rasa lelah yang muncul pada kaum hawa ini bisa saja disebabkan oleh kekurangan asupan zat besi. Sebagai informasi, setiap harinya, wanita sebaiknya mencukupi kebutuhan zat besinya yang sebanyak 14,8 mg. Hal ini sangatlah berbeda dengan kebutuhan harian zat besi pria yang hanya 8,7 mg saja. Asupan zat besi ini sangatlah penting untuk dicukupi karena berpengaruh besar pada produksi hemoglobin, salah satu zat yang ada dalam sel darah merah yang memiliki fungsi sebagai pembawa oksigen ke berbagai organ penting dan seluruh bagian tubuh. Karena alasan inilah, jika kita kekurangan asupan zat besi, maka produksi hemoglobin bisa terganggu dan distribusi oksigen pun tidak berjalan dengan maksimal sehingga tubuh pun akan mudah merasa lelah dan sulit untuk berkonsentrasi.

Demi mencegah datangnya rasa lelah ini, ada baiknya kita memenuhi asupan makanan yang kaya akan zat besi. Beruntung, makanan yang kaya akan kandungan ini cenderung sangat mudah untuk ditemui seperti telur, tahu, dan juga udang. Beberapa jenis sayuran seperti bayam, brokoli, kale, atau bahkan camilan seperti kacang tanah juga bisa kita konsumsi untuk mendapatkan zat besi ini.

Jika memang asupan zat besi kita cenderung rendah karena memang tidak mampu memenuhi asupan makanan-makanan yang telah disebutkan sebelumnya, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mengkonsumsi suplemen zat besi yang banyak tersedia di pasaran. Hanya saja, ada baiknya kita berhati-hati untuk mengkonsumsinya karena bisa memicu masalah kesehatan seperti sakit perut, mulas-mulas, dan juga susah buang air besar.