Wanita Membutuhkan Waktu Tidur Lebih Lama Daripada Pria

DokterSehat.Com – Secara umum, manusia akan membutuhkan waktu tidur yang ideal sekitar enam hingga delapan jam dalam sehari. Dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup dan nyenyak, maka tubuh manusia pun akan memiliki kesempatan untuk mendetoksifikasi berbagai racun yang ada pada tubuhnya sehingga saat terbangun, tubuhnya akan terasa bugar, segar, dan sehat setiap saat. Tahukah anda, wanita ternyata sebaiknya memiliki waktu tidur yang lebih banyak daripada pria. Sayangnya, kebanyakan wanita di Indonesia justru akan cenderung tidur jauh lebih larut dan bangun lebih pagi daripada pria atau anak-anak karena harus melakukan berbagai aktifitas rumah tangga.

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Pakar kesehatan menyebutkan jika wanita setidaknya membutuhkan 20 menit waktu tidur yang lebih lama daripada pria. Hal ini disebabkan karena secara alamiah otak yang dimiliki wanita jauh lebih kompleks dengan fungsi yang jauh lebih beragam sehingga membutuhkan waktu istirahat yang jauh lebih besar. Jika kita mau mencermati, wanita memang memiliki kecenderungan untuk melakukan berbagai hal dalam waktu yang sama atau disebut sebagai multitasker seihngga otaknya pun cenderung akan jauh lebih banyak berfungsi jika dibandingkan dengan pria. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika wanita yang memiliki usia lebih dari 18 tahun setidaknya memenuhi kebutuhan tidur 7 hingga 9 jam setiap harinya agar tubuhnya tetap sehat dan bugar.

Jika wanita tidak bisa memenuhi waktu tidur yang cukup dalam semalam, ditakutkan wanita akan mengalami peningkatan dalam menghadapi stress, cenderung lebih mudah marah, dan kesulitan dalam menghadapi depresi. Ketiga hal psikologis yang cenderung negatif ini bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara langsung dan bahkan diyakini bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung hingga dua kali lipat. Selain itu, karena kegiatan rumah tangga yang dilakukan wanita akan cenderung sangat menyibukkan dan melelahkan, apalagi jika wanita tersebut juga merupakan wanita karier, maka Ia pun akan cenderung banyak kehilangan energi yang juga bias berimbas buruk bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Alpukat Ternyata Sangat Baik Bagi Kesehatan Jantung

Jika wanita bisa memenuhi waktu tidur yang cukup, apalagi dengan mendapatkan waktu tidur siang, maka beberapa bagian otak yang disebut sebagai korteks yang mengendalikan memori, kemampuan berbahasa, kemampuan berpikir, dan juga kemampuan untuk memperbaiki diri secara mental akan mendapatkan waktu untuk beristirahat sehingga tubuh pun akan bisa terjaga kesehatan dan kebugarannya.