Wanita Memang Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan Jika Dibandingkan Dengan Pria

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika tubuh pria dan wanita memiliki sistem yang berbeda sehingga akan memberikan respon yang berbeda pada beberapa hal. Sebagai contoh, reaksi obat pada pria belum tentu akan memberikan efek yang sama pada wanita. Tak hanya itu, wanita juga cenderung lebih sulit menurunkan berat badan jika dibandingkan dengan pria. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-wanita-susah-kurus-diet

Perbedaan Hormon
Perbedaan paling mendasar dari tubuh pria dan wanita adalah keseimbangan hormone. Sebagaimana kita ketahui, meskipun sama-sama memiliki hormon testosteron dan hormon estrogen, tubuh pria akan cenderung memiliki jumlah hormon testosteron lebih banyak sementara tubuh wanita memiliki jumlah hormon estrogen yang lebih tinggi. Hormon testosteron pada pria berperan dalam pengembangan otot dan membakar lemak sementara hormon estrogen lebih baik dalam penyimpanan lemak selama proses kehamilan dan persiapan melahirkan serta menyusui. Perbedaan fungsi hormon ini jelas sudah menunjukkan tubuh wanita memang lebih sulit menurunkan berat badan jika dibandingkan dengan pria.

Komposisi Tubuh
Secara alami, tubuh wanita ternyata menyimpan lebih banyak lemak pada bagian pinggul dan paha jika dibandingkan dengan tubuh pria. Adanya lemak ini berperan besar dalam menjaga kesuburan, setelah melahirkan anak, dan juga selama fase menopause. Karena alasan ini pula makan wanita harus bekerja lebih keras untuk menurunkan berat badan.

Beda Ukuran Tubuh
Pria biasanya memiliki ukuran tubuh jauh lebih besar dan cenderung lebih berotot jika dibandingkan dengan pria untuk mendukung aktivitas pria yang cenderung lebih banyak. Yang menarik adalah, andai pria dan wanita melakukan diet yang sama, tubuh pria akan cenderung lebih cepat menurunkan berat badan sementara tubuh wanita justru membutuhkan olahraga yang lebih keras untuk menurunkan berat badannya.