Wanita Lebih Mudah Terkena Perut Kembung dan Sembelit

DokterSehat.Com – Perut kembung atau sembelit adalah sebuah gangguan kesehatan pada perut yang sangat membuat tidak nyaman bagi tubuh. Bagaimana tidak, perut akan terasa tidak nyaman untuk dibawa dalam posisi apapun, dari tiduran, duduk, berjalan, apalagi melakukan latihan fisik. Kaum wanita sendiri memiliki resiko lebih tinggi mendapatkan gangguan keseahtan perut kembung atau sembelit ini jika dibandingkan dengan pria. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sakit-perut

Tahukah anda, usus pada wanita rata-rata jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh kaum pria. Seorang pakar kesehatan dari Digestive Center of Women di ibukota Amerika Serikat, Washington, bernama dr. Robynne Chutkan berkata jika usus besar atau colon yang dimiliki oleh kaum wanita ternyata lebih panjang 10 cm dari pria. Meskipun terlihat tidak begitu signifikan perbedaannya dengan yang dimiliki pria, tambahan 10 cm ini ternyata bisa berpengaruh besar pada proses pencernaan yang terjadi pada perut wanita karena alur yang harus ditempuh makanan pun akan menjadi lebih rumit sehingga resiko mendapatkan masalah perut kembung atau sembelit pun akan jauh lebih besar.

Mengapa wanita memiliki tambahan 10 cm panjang pada usus besar? Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini disebabkan oleh kemampuan kaum hawa dalam memberikan keturunan sehingga jika wanita mengalami proses persalinan, Ia bisa menyerap lebih banyak cairan untuk membuat plasenta atau cairan amniotik tetap dalam kondisi yang penuh sehingga proses persalinan pun bisa berlangsung lebih aman.

Kaum hawa juga cenderung memiliki lebih sedikit hormon testosteron yang mampu membuat dinding perutnya tidak sekuat yang dimiliki pada pria. Selain itu, posisi usus yang jauh lebih lemah juga akan membuat perut mudah terasa kembung, khususnya saat masa kehamilan. Selain masalah perut kembung, wanita juga cenderung lebih mudah terkena masalah sembelit, khususnya jka sang wanita sudah pernah melakukan persalinan pada anak dan seiring dengan semakin menuanya kaum wanita, proses pencernaan pun semakin menurun sehingga bisa membuat resiko terkena sembelit jauh lebih mudah terjadi.