Wanita Lebih Cepat Tua Jika Dibandingkan Dengan Pria?

DokterSehat.Com– Terdapat salah satu hal yang dipercaya oleh banyak pria saat mencari pasangan hidup, yakni memilih wanita yang berusia beberapa tahun lebih muda. Hal ini disebabkan oleh wanita yang dianggap lebih cepat tua jika dibandingkan dengan pria. Sebenarnya, apakah hal ini memang benar adanya?



Pakar kesehatan dari International Dermal Institute menyebutkan bahwa tubuh pria dan wanita memang memiliki banyak perbedaan, termasuk dalam hal proses penuaan. Sebagaimana kita ketahui, tak hanya karena faktor alami, penuaan pada tubuh ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti stress, makanan yang dikonsumsi, serta kebiasaan melakukan olahraga. Hanya saja, secara alami memang kulit tubuh wanita cenderung lebih cepat menua jika dibandingkan dengan pria.

Penyebab lebih cepat menuanya kulit wanita ini ternyata karena kulit pria yang cenderung lebih tebal dan memiliki kandungan kolagen yang lebih padat jika dibandingkan dengan kulit wanita. Kondisi ini dipengaruhi oleh adanya hormon testosteron pada kaum pria yang mempengaruhi kulit menjadi 25 persen lebih tebal. Selain itu, kulit pria juga cenderung lebih lembab jika dibandingkan dengan wanita. Perbedaan struktur kulit inilah yang membuat pria cenderung lebih muda dari wanita meskipun usia mereka sebenarnya setara.

Hanya saja, penuaan sebenarnya juga tidak bisa diperhitungkan pada kulit saja. Penuaan pada organ dalam tubuh juga harus kita perhatikan karena bisa berpengaruh besar bagi kesehatan dan sistem yang berlangsung dalam tubuh. Penuaan pada organ dalam pria ini membuat mereka cenderung lebih mudah terkena beberapa jenis penyakit seperti penyakit jantung koroner. Kecenderungan ini membuat rata-rata usia harapan hidup pria lebih rendah dari wanita, yakni 76,4 tahun berbanding 81 tahun. Jika anda ingin hidup lebih lama dari rata-rata usia tersebut, ada baiknya anda mulai menerapkan gaya hidup sehat sejak sekarang.