Wanita Kurus Lebih Beresiko Terkena Osteoporosis

DokterSehat.Com – Selain fase menopause, banyak wanita dewasa yang mengkhawatirkan masalah osteoporis yang bisa saja menyerang di hari tua nanti. Meskipun bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin, wanita memang memiliki resiko lebih besar untuk mendapatkan masalah osteoporosis atau pengeroposan tulang di hari tua. Tahukah anda, sebuah penelitian terbaru menunjukkan sebuah fakta menunjukkan bahwa wanita yang memiliki tubuh kurus ternyata akan cenderung lebih mudah terkena osteoporosis. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-olahraga-sehat-20menit

Tubuh kurus seringkali menjadi idaman bagi sebagian wanita. Dengan tubuh yang kurus, wanita cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi karena bisa menggunakan beragam jenis pakaian dengan mudah dan tetap terasa pantas. Sayangnya, tubuh yang terlalu kurus ternyata beresiko mengalami kekurangan banyak asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Salah satunya adalah asupan yang sangat dibutuhkan oleh tulang sehingga akan membuat resiko terkena osteoporosis di hari tua pun menjadi meningkat.

Sebagian wanita yang memiliki obsesi tubuh yang kurus bisa mengalami anoreksia, sebuah kondisi dimana wanita akan khawatir telah mengkonsumsi makanan terlalu banyak sehingga akan mengurangi porsi atau frekuensi makan dengan drastis atau bahkan memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan. Meskipun akan memberikan rasa lega karena kekhawatirannya berkurang, penderita anorexia tentu akan kekurangan asupan gizi bagi organ tubuh dan tulang. Tulang yang tidak dinutrisi dengan baik bisa mengalami penurunan kepadatan sehingga kekuatannya pun jauh berkurang seiring dengan waktu dan pada akhirnya mengalami osteoporosis.

Banyak wanita yang terlalu kurus ternyata mengalami kekurangan asupan kalsium dan vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tulang untuk mencegah masalah osteoporosis. Hal ini berarti ada baiknya kita menjaga tubuh kita tetap dalam kondisi yang ideal dan tetap mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Ingat, menjaga berat badan tetap ideal bukanlah dengan melakukan diet ketat yang sembarangan melainkan dengan melakukan pola makan yang jauh lebih sehat sehingga tubuh dan tulang tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.