Wanita Karier Lebih Rentan Terkena Diabetes?

doktersehat mengantuk saat kerja

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika bekerja dengan durasi waktu lebih dari 39 jam dalam seminggu bisa berbahaya bagi kesehatan? Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari hal ini dan memilih untuk kerja lembur karena bisa memberikan pendapatan yang lebih banyak.

Dilansir dari Metro.co.uk, wanita yang sering lembur dan bekerja lebih dari 45 jam dalam seminggu akan mengalami peningkatan risiko terkena diabetes hingga 63 persen jika dibandingkan dengan wanita yang bekerja dengan durasi waktu 35 hingga 40 jam dalam seminggu. Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul BMJ Open Diabetes Research and Care Journal.

Dalam penelitian yang dilakukan selama 12 tahun ini, 7.065 pekerja yang terdiri dari 3.502 wanita dan 3.563 pria dari Kanada dicek kondisi kesehatannya secara berkala. Pada awal penelitian, mereka tidak mengalami diabetes, namun di akhir penelitian, sebagian dari mereka mengembangkan penyakit mematikan ini.

Hasil dari penelitian ini adalah; bagi kaum pria, jam kerja yang panjang tidak terkait dengan diabetes. Sementara itu, bagi kaum wanita, durasi jam kerja bisa mempengaruhi risiko terkena diabetes dengan signifikan.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2016 oleh para peneliti dari Ohio State University juga mengungkap fakta serupa tentang kebiasaan bekerja dalam durasi yang panjang kaum hawa yang bisa menurunkan kondisi kesehatannya dengan signifikan.

Bekerja terlalu lama bisa memicu stres dan akhirnya mempengaruhi kadar gula darah. Hal ini disebabkan oleh keluarnya hormon kortisol atau hormon stres yang membuat sel-sel mampu mengakses gula dan lemak sebagai sumber energi. Hal ini mampu meningkatkan kadar gula dalam darah yang akhirnya berimbas pada datangnya diabetes.

Hal ini berarti, menjadi wanita karier tidak serta merta meningkatkan risiko diabetes, namun jika wanita karier kerap kerja lembur, maka risiko terkena penyakit ini akan meningkat dengan signifikan.