Wanita Ini Sudah 40 Kali Patah Tulang dan 3 Kali Terkena Stroke!

devon_patah_tulang_doktersehat_1
Photo Source: DEVON VERNO / CATERS NEWS

DokterSehat.Com– Devon Verno dari York, Pennsylvania, Amerika Serikat menderita penyakit langka bernama Osteogenesis Imperfecta atau Brittle Bone Syndrome. Kondisi ini membuat tulangnya mudah patah dan rentan terkena gangguan kesehatan serius lainnya.

Dilansir dari Story Trender, ibu tiga anak ini pernah mengalami patah tulang hanya gara-gara berjalan kaki atau bahkan karena menancapkan colokan televisi. Meskipun begitu, ia tidak ingin menghilangkan kebiasaannya yang rajin berolahraga meski sudah 40 kali mengalami patah tulang.

Wanita berusia 38 tahun ini mengaku harus berhati-hati saat berolahraga. Ia pun hanya akan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, push up, atau mengangkat beban.

“Aku mulai rajin berolahraga sejak 14 tahun lalu, tepatnya setelah melahirkan putri pertamaku. Tujuan awalnya adalah menurunkan berat badan menjadi ideal, namun aku juga merasaka tubuh yang semakin fit sehingga tetap rajin melakukannya meski ada risiko terkena patah tulang,” ucap Devon.

“Aku harus benar-benar berhati-hati saat berolahraga. Aku juga tak bisa melakukan yoga atau menggunakan peralatan mesin. Meskipun begitu, tetap saja aku sering mendapatkan cedera,” lanjutnya.

Kelainan yang dialaminya disebabkan oleh rendahnya kadar kolagen dalam tubuh. Hal ini membuatnya kesulitan membangun otot dan kerap terkena cedera.

Meski terlihat seperti hidup dalam kerapuhan yang mengerikan, pihak keluarga mengaku bangga dan tidak begitu khawatir dengan kebiasaan Devon. Bagi mereka, Devon adalah pribadi yang kuat dan luar biasa.

Pakar kesehatan menyebut osteogenesis imperfecta sebagai mutasi genetik pada kolagen yang mempengaruhi tulang. Tulang pun menjadi rapuh sehingga mudah untuk patah. Penyakit ini sangat langka dan sebagia penderitanya bahkan bisa benar-benar tak mampu melakukan apapun selain duduk di kursi roda.