Wanita Ini Memiliki Golongan Darah Baru yang Sangat Langka

DokterSehat.Com – Dunia kesehatan mengenal empat jenis golongan darah, yakni A, B, O dan juga AB. Namun, Sarah Culhane yang berasal dari Australia ini tidak memiliki salah satu dari empat golongan darah tersebut. Ia memiliki golongan darah yang bahkan namanya diambil dari namanya sendiri, yakni SARA. Seperti apakah golongan darah yang unik ini?

doktersehat-kelainan-darah-anemia-Defisiensi-Besi

Kisah unik ini berawal dari tahun 1990 silam dimana para pakar kesehatan dari Blood Service secara tak sengaja melihat adanya reaksi yang aneh pada darah milik Sarah yang baru saja melakukan donor darah. Para pakar kesehatan ini kemudian memeriksa hal ini lebih jauh dan terkejut melihat darah wanita ini ternyata memiliki antigen yang belum pernah ditemukan sebelumnya pada semua jenis antigen darah yang pernah ada. Sarah pun kemudian diminta untuk memberikan sampel darah lagi pada Bank Darah tersebut bersama dengan sampel darah dari anggota keluarga lainnya. Hasil dari penelitian sampel-sampel darah ini semakin membingungkan para peneliti mengingat darah milik Sarah sama sekali tidak mirip dengan golongan darah dari semua anggota keluarganya.

Pada tahun 2010 silam, seorang ibu hamil di Kanada hampir kehilangan janinnya akibat sistem imun sang ibu justru menganggap janinnya sebagai benda asing sehingga justru menyerangnya. Pakar kesehatan kemudian mengirim sampel darah dari bayi ke Australia dan dicocokkan dengan sampel darah milik Sarah. Hasilnya adalah, bayi ini ternyata memiliki golongan darah yang sama layaknya Sarah.

Pakar kesehatan Rhiannon McBean dari Blood Service menyebutkan jika golongan darah SARA ini memang baru dimiliki oleh Sarah dan sang bayi dari Kanada ini di seluruh dunia. Namun, ada kemungkinan orang lain juga memilikinya di dunia ini meskipun jumlahnya tentu sangat langka. Yang menjadi masalah adalah, para pakar kesehatan masih kebingungan andai diantara bayi atau Sarah ini membutuhkan bantuan darah, apakah darah dari golongan lain yang tersedia di dunia ini bisa membantu mereka atau tidak. Penelitian lebih mendalam pun sedang dilakukan pada golongan darah baru ini.