Selalu Terasa Nyeri, Wanita Ini Ingin Mengamputasi Kakinya

paige_amputasi_kaki_doktersehat_1
Photo Source: The Sun/Handout

DokterSehat.Com– Wanita berusia 24 tahun dari Birmingham, Inggris bernama Paige Howitt mengalami masalah kesehatan bernama complex regional pain syndrome. Masalah ini membuatnya mengalami rasa nyeri yang luar biasa pada lutut kirinya di sepanjang waktu.

Dilansir dari The Sun, Paige sudah mengalami masalah kesehatan ini sejak usianya masih 17 tahun. Saat itu, ia harus menjalani operasi penyesuaian tempurung lutut yang sayangnya tidak berakhir dengan baik. Sejak itulah lutut kirinya pun selalu mengeluarkan sensasi nyeri yang sangat parah sehingga membuatnya kini mempertimbangkan untuk mengamputasinya saja.

Yang menjadi masalah adalah, biaya untuk mengamputasi kaki dan menggantinya dengan kaki prostetik cukup mahal, yakni sekitar 9.000 Poundsterling atau sekitar Rp170 juta. Opsi lain yang bisa dilakukannya adalah dengan menjalani tearpi bernama hyperbaric oxygen chamber dengan biaya 20.000 Poundsterling atau sekitar Rp3,7 miliar.

“Rasa sakit di lutut kiriku semakin parah sehingga sepertinya akan jauh lebih baik untuk diamputasi saja sehingga aku tak lagi akan merasakan rasa nyeri tersebut,” ucap Paige.

“Amputasi kaki ini akan membuatku kehilangan lutut sekaligus kaki bagian bawah. Setelahnya aku akan menjalani rehabilitasi dan penyesuaian kembali demi memakai kaki prostetik dalam waktu yang cukup lama. Tapi sepertinya hal itu akan lebih baik daripada harus berkutat dengan rasa nyeri yang luar biasa ini selamanya,” lanjutnya.

“Banyak orang yang tidak mengerti betapa hebat rasa nyeri yang kurasakan. Sensasinya seperti terus terbakar dalam satu titik sehingga membuatku terkadang tak bisa melakukan aktivitas apapun,” jelasnya.

Kini, Paige sedang melakukan penggalangan dana demi membiayai amputasi kaki dan pemasangan kaki prostetik yang diharapkan bisa memperbaiki kondisinya.