Wanita Ini Hamil Selama 9 Tahun!

DokterSehat.Com – Seorang perempuan dari Inggris yang bernama Beryl Romaine mengaku jika Ia mengalami kondisi dimana perutnya membesar layaknya sedang hamil. Tidak seperti wanita hamil pada umumnya yang hanya mengalami pembesaran perut selama sekitar 9 bulan, Romaine justru mengalami pembengkakan pada perutnya semenjak 9 tahun terakhir. Apa yang sebenarnya terjadi?

doktersehat-hamil-wanita

Romaine ternyata mengalami kondisi yang disebut sebagai fibroid, sebuah tumor jinak yang ada di rahimnya. Penyakit inilah yang membuatnya perutnya terus membengkak dan terlihat layaknya orang hamil. Pakar kesehatan Ishak Mayonda dari St George Hospital NHS, Trust, London, menyebutkan jika fibroid bisa menyerang satu dari tiga orang wanita di seluruh dunia. Wanita dengan rentang usia 30 hingga 50 tahun memiliki resiko terbesar mengalami fibroid. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika belum ada kepastian apa pemicu dari munculnya tumor jinak ini, namun, ada kemungkinan faktor genetik, dimana jika seorang perempuan memiliki ibu yang juga memiliki fibroid, akan mengalami penyakit yang sama. Selain itu, tingginya kadar estrogen dan progesterone juga diyakini ikut memicu masalah ini.

Yang menarik adalah, fibroid tidak menimbulkan gejala apapun dan bahkan bisa menghilang dengan sendirinya bahkan tanpa pengobatan. Namun, jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, maka wanita bisa mengalami nyeri panggul dan haid yang bisa berlangsung dalam waktu yang sangat lama.

Dalam kasus yang menimpa Romaine, Ia harus melakukan pengobatan dan pada akhirnya menjalani pengangkatan Rahim atau histerektomi mengingat sudah lamanya tumor ini menyerangnya. Alhasil, Ia pun harus merelakan impiannya untuk mendapatkan keturunan. Bahkan, karena kondisi ini, pacarnya yang berasal dari Afrika sangat marah dan akhirnya membatalkan pernikahan. Memang, Romaine bisa saja menjalani terapi miomektomi. Namun, karena tumor ini sudah melekat dengan erat pada bagian atas rahimnya, maka operasi akan sangat beresiko baginya sehingga Ia pun harus melakukan pengangkatan rahim untuk menghilangkan tumor ini.