Wanita Ini Haid Selama 5 Tahun Tanpa Henti!

DokterSehat.Com – Haid atau menstruasi biasanya dialami oleh wanita sekali dalam satu bulan meskipun ada yang memiliki siklus lebih lama atau bahkan lebih cepat. Saat fase haid ini tiba, maka wanita bisa mengalami banyak sekali perubahan dalam kondisi tubuhnya layaknya merasakan kram perut, mudah lelah, hingga perubahan mood. Namun, apa yang terjadi pada wanita yang berusia 27 tahun dari Australia bernama Chloe Christos ini sangatlah luar biasa. Alih-alih hanya mengalami menstruasi sekali dalam setiap bulan, Ia mengaku pernah mengalami haid selama lima tahun berturut-turut tanpa henti. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sakit-perut-mens-celiac

Christos mengaku baru pertama kali mengalami haid pada usia 14 tahun. Yang menjadi masalah adalah, haid ini tak kunjung berhenti hingga usianya 19 tahun. Ia pun merasakan begitu banyak hal yang aneh pada tubuhnya namun karena malu, Ia sama sekali tidak mau membicarakan masalah kesehatan ini pada siapapun, termasuk keluarganya. Akibat dari kondisi haid yang terus-menerus berlangsung ini, Ia bisa kehilangan darah dalam jumlah yang sangat banyak, yakni sekitar 500 ml dalam empat hari saja. Jumlah ini sekitar 10 kali lebih banyak dari apa yang dikeluarkan wanita normal dalam satu fase menstruasi!

Setelah mencoba mencari tahu apa yang terjadi pada dirinya, Christos pun menemukan fakta bahwa dirinya terkena penyakit Von Willebrand atau VWD. VWD sendiri adalah penyakit yang mampu membuat masalah pada proses pembekuan darah. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika VWD bukan termasuk penyakit langka mengingat di Amerika Serikat saja, ada 200 ribu kasus VWD yang ditemukan setiap tahunnya.

Pakar kesehatan Robyn Charlery White, Ph.D, menyebutkan jika wanita dengan ras Kaukasia cenderung lebih beresiko terkena penyakit VWD dibandingkan dengan wanita dari ras lainnya. Para penderita penyakit ini bisa mengalami fase haid yang sangat berat, pendarahan pada gusi, pendarahan yang tak kunjung berhenti pada luka, darah dalam air seni, mimisan, hingga mudahnya muncul memar-memar pada tubuh. Hanya saja, kasus yang terjadi pada Christos yang membuatnya bisa menstruasi dalam periode lima tahun lamanya memang termasuk langka.

Baca Juga:  Ini yang Terjadi Jika Wanita yang Sedang Menstruasi Memaksakan Diri Untuk Berolahraga

Beruntung, Christos berhasil mendapatkan obat yang Ia butuhkan dan kini Ia pun sudah bisa mengalami fase menstruasi dengan interval yang normal sebagaimana wanita pada umumnya.