Wanita Harus Mempersiapkan Psikologisnya Dalam Menghadapi Fase Menopause

DokterSehat.Com – Meskipun merupakan hal yang sangat wajar untuk dialami wanita yang sudah berusia lanjut, masih banyak wanita yang sangat mengkhawatirkan datangnya fase menopause. Dalam realitanya, fase menopause memang akan menimbulkan begitu banyak perubahan pada kaum wanita yang tentu bisa berimbas pada berubahnya kehidupannya. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kaum hawa untuk mempersiapkan diri lebih baik menghadapi menopause, khususnya dalam mendapatkan informasi tentang menopause dengan lebih baik dan mempersiapkan psikologisnya.

shutterstock_113849278 copy

Anna Surti Ariani, psikolog anak dan juga keluarga dari Universitas Indonesia menyebutkan jika pada saat wanita berusia 35 hingga 60 tahun, wanita sudah mulai mengalami fase pre menopause dan bisa mengalami perubahan psikologis dan fisik dengan signifikan. Sebagai contoh, kekuatan fisiknya akan semakin melemah dan mereka pun menjadi lebih sensitif dan mudah marah. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan wanita akan mengalami depresi saat Ia sudah mulai memasuki fase menopause. Hal ini tentu akan berimbas buruk pada kesehatan fisiknya.

Untuk mencegah hal ini, Anna pun menyarankan pentingnya dukungan dari keluarga, khususnya dalam hal berkomunikasi. Dengan keluarga yang mau saling bercerita dan mendengarkan berbagai keluh kesah dan masalah, maka secara psikologis wanita pun merasa lebih baik dan bisa membuatnya lebih nyaman dalam memasuki fase menopause.

Pakar kesehatan lainnya dari RS Universitas Islam Sultan Agung Semarang bernama Wiwik Widayanti berkata jika wanita yang cenderung memiliki psikologis yang kurang baik, bisa memicu masalah kesehatan dan penurunan keseimbangan kadar hormon yang justru akan berimbas pada masalah menopause dini. Untuk mencegah hal ini terjadi, disamping peran dukungan keluarga, wanita juga harus lebih baik dalam menerapkan gaya hidup sehat layaknya memakan makanan dengan gizi seimbang dan rutin berolahraga. Rutin berolahraga sendiri adalah salah satu kunci yang cukup efektif dalam melawan emosi negatif yang bisa merusak kesehatan fisik.