Wanita Harus Memenuhi Kebutuhan Vitamin E Setiap Hari

DokterSehat.Com – Kita tentu sering mendegar produk kecantikan yang memiliki banyak kandungan vitamin E. Memang, vitamin E memiliki kemampuan menjaga kesehatan kulit, khususnya kulit kaum hawa sehingga akan membuat tampilan kulit menjadi lebih sehat dan lebih cantik. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan jika vitamin E tidak hanya melulu tentang perawatan kulit saja. Kaum wanita harus memenuhi kebutuhan vitamin E setiap hari demi kesehatan tubuhnya secara umum mengingat asupan vitamin E ternyata mempengaruhi sistem reproduksinya.

doktersehat-orang-tua-wanita-sehat-sayur-buah

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin E setiap hari, tubuh akan semakin baik dalam memproduksi prostaglandins yang berperan besar dalam produksi hormon prolaktin. Hormon prolaktin inilah yang biasanya berpengaruh besar saat fase menstruasi tiba dimana wanita bisa mengalami perubahan emosional saat fase pre-menstruasi. Jika jumlah hormone prolaktin ini tidak cukup banyak, maka siap-siaplah wanita akan mengalami perubahan mood yang sangat buruk. Selain itu, kondisi fisiknya juga akan cenderung lebih lemah saat fase menstruasi ini tiba sehingga beresiko mengalami penurunan sel darah merah atau terkena anemia.

Konsumsi vitamin E yang banyak terdapat pada sayuran hijau dan buah-buahan ternyata juga sangat dibutuhkan saat wanita sedang hamil dimana vitamin ini akan membantu sistem metabolisme tubuh wanita sekaligus membuat janin di dalam kandungan akan merasa nyaman dan terpenuhi kebutuhannya selama masa kehamilan. Vitamin E juga mampu membuat jumlah darah dalam tubuh meningkat selama kehamilan sehingga ada baiknya ibu hamil menjaga asupan vitamin E setiap hari demi kesehatan kandungannya.

Hanya saja, harap diingat bahwa vitamin E juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan meskipun sebenarnya tubuh memiliki mekanisme otomatis untuk membuang kelebihan vitamin E melalui urin. Namun, demi kesehatan sistem reproduksi, ada baiknya kita menjaga asupan vitamin E secara cukup dan tidak berlebihan.