Wanita Harus Melakukan Ini Agar Tidak Mudah Terkena Diabetes

DokterSehat.Com – Diabetes masih menjadi penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat tanah air. Tak hanya bisa membuat penderitanya tidak lagi mampu menikmati kehidupannya seperti dahulu kala karena harus membatasi asupan makanan tertentu, penderita diabetes juga memiliki resiko besar untuk terkena komplikasi yang bisa saja mematikan. Tak hanya kaum pria, kaum wanita juga memiliki resiko besar untuk terkena penyakit ini, apalagi jika gaya hidup mereka cenderung tidak sehat.

doktersehat-diabetes-penyakit-berbahaya-bisul-hemofilia-A-tes-HbA1c

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa faktor resiko untuk terkena diabetes bagi wanita adalah saat mereka berusia lebih dari 45 tahun, memiliki riwayat keluarga terkena diabetes, memiliki catatan penyakit jantung atau stroke, dan memiliki kadar trigliserida yang tinggi pada tubuh. Untuk mencegah datangnya penyakit ini, pakar kesehatan pun menyarankan kaum hawa untuk melakukan berbagai tips berikut ini.

Menjaga berat badan tetap ideal
Salah satu faktor kunci penyebab diabetes adalah berat badan. Jika di dalam tubuh kita terdapat terlalu banyak jairngan lemak, maka hal ini bisa menyebabkan gangguan insulin dan pada akhirnya menyebabkan kita terkena diabetes. Demi menjaga berat badan yang ideal, kita harus mulai memperhatikan nilai gizi makanan yang kita konsumsi, mengunyah makanan dengan lebih pelan, memperbanyak asupan air putih, dan rajin berolahraga.

Mengkonsumsi makanan sehat
Penelitian bertajuk Nurse’s Health baru-baru ini menunjukkan tips ampuh untuk menurunkan diabetes. Tips tersebut adalah dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat, salah satunya adalah gandum. Dengan mengkonsumsi dua atau tiga porsi gandum setiap hari, maka resiko untuk terkena penyakit ini bisa menurun hingga 30 persen. Selain itu, mengkonsumsi minuman sehat layaknya air putih, jus buah, teh hijau, dan air kelapa juga bisa menurunkan resiko terkena diabetes dengan signifikan.

Baca Juga:  Benarkah Bir Bisa Mencegah Munculnya Diabetes?

Rajin bergerak
Rutin berolahraga atau melakukan banyak kegiatan yang membuat tubuh kita aktif bergerak bisa mengendalikan berat badan dan fungsi insulin pada tubuh. Salah satu cara mudah untuk bergerak dan mencegah diabetes adalah dengan lebih rajin berjalan kaki.