Wanita Dilarang Konsumsi Kalsium Berlebih!

Doktersehat.com – Tubuh memang membutuhkan kalsium untuk menutrisi tulang serta mengoptimalkan kinerja otak, otot, dan sistem syaraf. Namun, asupan kalsium yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan wanita. Mengapa?



Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa wanita yang memiliki asupan kalsium tinggi dalam tubuhnya lebih besar berisiko terkena penyakit kardiovaskular.

Para peneliti dari Swedia mengamati selama kurang lebih 19 tahun 61.443 wanita Swedia yang lahir antara tahun 1914 sampai 1948. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kaitan antara asupan kalsium tinggi dengan risiko penyakit jantung iskemik dan stroke.

Asupan kalsium dari suplemen juga turut diteliti. Rata-rata asupan terendah sekitar 572 mg per hari sementara asupan tertinggi sekitar 2.137 mg.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 11.944 wanita meninggal dunia. Sebanyak 3.862 wanita meninggal akibat penyakit kardiovaskular, akibat penyakit jantung 1.932 wanita, dan 1.100 wanita diakibatkan stroke. Para wanita yang meninggal dunia diketahui mengonsumsi kalsium lebih dari 1.400 mg per hari.

Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa asupan kalsium yang terlalu tinggi atau rendah dapat mengganggu pengaturan homeostatik normal, yang mengakibatkan perubahan kadar kalsium.

Sumber: yahoo.com