Wanita Diabetes Tidak Boleh Hamil? Begini Pendapat Dokter

Jenis Obat Untuk Penyakit Diabetes

DokterSehat.Com– Diabetes masih menjadi salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Yang menjadi masalah adalah, penyakit ini bisa memicu komplikasi yang sangat mematikan. Sayangnya, ternyata ada banyak sekali mitos yang berkaitan dengan penyakit ini yang justru dipercaya oleh masyarakat. Apa sajakah mitos tersebut?

Wanita diabetes tidak boleh hamil
Cukup banyak wanita penderita diabetes yang memilih untuk tidak hamil karena khawatir jika nantinya mereka akan melahirkan bayi yang memiliki penyakit yang sama. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan bahwa asalkan mereka melakukan pengendalian gula darah yang baik, mereka tetap saja bisa hamil dan melahirkan bayi dengan kondisi yang sehat sebagaimana ibu hamil lainnya.

Penderita diabetes tidak boleh mendonorkan darah
Karena dianggap memiliki kadar gula darah yang tinggi, penderita diabetes seringkali memilih untuk tidak mendonorkan darahnya agar tidak menularkan penyakit ini pada orang lain. Padahal, asalkan mereka mampu mengendalikan kadar gula darahnya dengan baik, mereka tetap saja masih bisa mendonorkan darahnya.

Penderita diabetes hanya boleh mengkonsumsi makanan tertentu saja
Penderita diabetes memang harus membatasi asupan makanan tertentu. Namun, mereka tetap saja bisa mengkonsumsi makanan enak asalkan yang sehat, memiliki kadar nilai gizi yang seimbang dan sesuai dengan kondisi kesehatan mereka. Biasanya, penderita diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran, buah, dan biji-bijian namun sangat tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan gula, lemak trans, lemak larut, dan karbohidrat.

Ada makanan bebas gula dan ramah diabetes
Jangan terkecoh, makanan berlabel bebas gula tetap saja kaya akan kalori, gula, dan karbohidrat. Karena alasan inilah ada baiknya penderita diabetes selalu memeriksa label makanannya agar tetap mengkonsumsi makanan yang aman bagi kondisi kadar gula darahnya.

Penderita diabetes sebaiknya tidak berolahraga karena bisa memicu penurunan berat badan yang drastis
Mitos ini sama sekali tidak benar. Olahraga memang bisa menurunkan berat badan, namun tidak akan memicu penurunan berat badan secara drastis pada penderita diabetes. Justru, dengan berolahraga, penderita diabetes bisa meningkatkan kepekaan insulin tubuh, menurunkan tekanan darah dan kadar lipid, serta mencegah serangan jantung.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik