Wanita di Inggris ini Memiliki Ginjal yang Berusia 100 Tahun dan Tetap Hidup Sehat

DokterSehat.Com – Sue Westhead adalah seorang wanita yang berusia 68 tahun dan berasal dari Houghton-le-spring, County Durham, salah satu area di Inggris. Sebagaimana wanita biasanya, Ia hidup bersahaja di hari tuanya bersama dengan keluarganya. Namun, jika kita mengenalnya lebih dalam, Sue memiliki sesuatu yang tidak biasa pada tubuhnya, yakni ginjal yang ada pada tubuhnya ternyata sudah melebihi usianya, yakni 100 tahun. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Sue mengaku ginjalnya memang sudah berusia satu abad dan Ia tetap hidup dengan kondisi yang sehat karena ginjalnya memang masih berfungsi dengan baik. Ginjal ini Ia dapatkan dari transplantsi ginjal yang dilakukannya pada tahun 1973, yakni saat Ia berusia masih sangat muda, 25 tahun. Ia pun bercerita bahwa pada saat itu, Ia mengalami penyakit ginjal yang sangat parah dimana ginjalnya hanya mampu mengeluarkan 10 persen fungsinya saja sehingga sangat berbahaya bagi kesehatannya. Beruntung, ibunya, Ann Metcalfe yang saat itu masih berusia 57 tahun memilih untuk menyumbangkan ginjalnya bagi buah hatinya agar tetap hidup, dan benar saja bahwa putrinya tetap hidup dengan sehat hingga sekarang.

Saat Sue terdiagnosis memiliki penyakit ginjal, Ia memiliki warna kulit yang sangat berbeda dari manusia normal; dari yang terkadang menguning hingga menjadi merah muda. Ia bahkan sempat tidak lagi mampu berjalan dan berpikir bahwa hidupnya akan tidak lama lagi. Namun, begitu mendapatkan pencangkokan ginjal oleh ibunya, Ia segera mendapati tubuhnya sehat kembali, meskipun hal ini berarti Ia harus mengkonsumsi 20 pil obat setiap harinya agar ginjal tidak ditolak oleh tubuhnya.

Apa yang terjadi oleh Sue ini adalah sebuah keajaiban di dunia medis. Bagaimana tidak, pakar kesehatan biasanya hanya memperkirakan jika usia pencangkokan ginjal paling lama adalah 20 tahun. Sementara itu, Sue tetap bisa sehat meskipun Ia telah melakukan transplantasi ginjal lebih dari 43 tahun yang lalu. Ia sendiri berujar jika ginjal yang Ia dapatkan berasal dari gen ibunya yang sehat dan garis keturunan yang baik sehingga membuatnya tetap dalam kondisi sehat hingga sekarang.