Wanita di Atas 50 Tahun Sebaiknya Mencukupi Kebutuhan Vitamin Berikut Ini

DokterSehat.ComCenters for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika Serikat, baru-baru menyebutkan bahwa wanita dengan usia 50 tahun atau lebih sebaiknya mencukupi kebutuhan beberapa jenis vitamin agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Apa sajakah vitamin-vitamin tersebut?



Asam folat
Asam folat memiliki peran besar dalam memproduksi DNA dan juga membentuk darah. Cukup banyak wanita dengan usia 50 tahun atau lebih yang mengalami insufisiensi folat atau ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi asam folat dengan cukup karena meningkatnya kadar hormon homosistein seiring dengan bertambahnya usia. Jika hal ini terjadi, maka para wanita ini dikhawatirkan akan mengalami anemia megaloblastik dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya wanita yang sudah melewati usia 50 tahun mulai mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat layaknya jeruk, sayuran berdaun hijau, biji-bijan, dan juga sereal.

Vitamin D
Office of Dietary Supplements yang ada di National Institutes of Health di Amerika Serikat menyebut vitamin D sebagai nutrisi yang mampu membantu tubuh dalam proses penyerapan kalsium sekaligus mengendalikannya. Vitamin D juga mampu mengatur kadar fosfat, zat yang mampu membentuk energi bagi tubuh dengan baik. Bagi wanita yang sudah berusia 50 tahun atau lebih, ada baiknya mereka mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D layaknya berbagai produk susu, lemak ikan, dan juga minyak hati ikan cod. Selain itu, sering-seringlah menikmati sinar matahari pagi yang juga kaya akan vitamin ini.

Vitamin B12
Vitamin B12 adalah vitamin yang memiliki fungsi yang sangat kompleks di tubuh kita. Sebagai contoh, vitamin ini mampu mengubah homosistein yang ada pada asam amino metionin. Dengan adanya reaksi fisiologis ini, maka tubuh akan menjaga kadar homosistein tidak terlalu tinggi sehingga mampu menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular. Tak hanya itu, asupan vitamin B12 yang cukup akan membuat wanita berusia 50 tahun mampu menyerap makanan dengan lebih baik. Vitamin ini bisa kita temukan pada susu, telur, dan juga daging-dagingan.