Wanita di Atas 30 Tahun Sebaiknya Mewaspadai Gangguan Kesehatan Berikut

DokterSehat.Com – Usia di atas 30 tahunan kerap kali dianggap sebagai awal mula seseorang dianggap dewasa. Di usia ini, banyak wanita yang sudah menjalani rumah tangga dan disibukkan oleh banyak hal, baik itu tugas domestik atau bahkan masalah pekerjaan bagi seorang wanita karir. Begitu sibuknya, hingga banyak wanita yang kurang memperhatikan kesehatannya dengan cara melakukan gaya hidup dan pola makan yang buruk. Padahal, di usia 30 tahunan ini ada banyak sekali gangguan kesehatan pada wanita yang tentu saja harus diwaspadai seperti sebagai berikut.

doktersehat-wanita-sakit-tulang

Semakin bertambah usia seorang wanita, semakin rentanlah Ia terkena penyakit osteoporosis di masa depan. Pakar kesehatan menyebutkan jika 30 tahun adalah tanda bagi kaum wanita untuk lebih memperhatikan kesehatan tulangnya karena dikhawatirkan penyakit ini merusak tulangnya sehingga sulit untuk digunakan kembali. Untuk menjaga tubuh terbebas dari penyakit ini, banyak-banyaklah mengkonsumsi susu yang kaya kalsium dan mulailah berolahraga di bawah sinar matahari pagi yang baik bagi tulang.

Varises pada pembuluh darah vena juga kerap ditemui pada wanita yang memiliki usia di atas 30 tahunan. Penyakit ini kerap dikeluhkan oleh kaum hawa karena munculnya rasa tidak nyaman saat berjalan hingga berdiri dalam waktu yang lama. Pakar kesehatan menyarankan kaum hawa untuk lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dengan rutin setiap hari. Selain itu, wanita di atas usia 30 tahunan juga akan cenderung lebih mudah terkena penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jika gaya hidup tidak segera diubah menjadi lebih sehat, dikhawatirkan penderita diabetes akan terkena masalah kesehatan pada pembuluh darah, organ jantung, hingga otaknya.

Kanker payudara juga bisa menyerang mereka yang sudah berusia lebih dari 30 tahun. Memang, banyak kasus dimana kanker ini dimulai saat seseorang berusia 20 tahunan. Namun, gaya hidup yang buruk, ditambah dengan kecenderungan seseorang makan dengan tidak sehat pada akhirnya bisa memicu masalah kesehatan yang berbahaya dan mematikan ini. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, pakar kesehatan pun menyarankan kaum hawa secara rutin memeriksakan kondisi kesehatannya.