Wanita Dengan Payudara Padat Ternyata Harus Lebih Waspada Dengan Kondisi Kesehatannya

DokterSehat.Com – Salah satu bentuk tubuh yang dianggap ideal bagi kaum hawa adalah dengan memiliki bentuk payudara yang ideal. Payudara yang ideal adalah yang padat, kencang dan berisi. Dengan payudara yang ideal, wanita pun akan merasa jauh lebih percaya diri dan lebih cantik. Sayangnya, dibalik idealisme tentang payudara ini, wanita yang memiliki payudara yang padat justru harus memiliki kewaspadaan akan kesehatannya, khususnya dengan resiko terkena penyakit kanker payudara.

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Sebuah laporan kesehatan yang dirilis American Journal of Roentology menyebutkan bahwa 40 persen wanita yang memiliki payudara yang padat ternyata kesulitan untuk mendeteksi adanya kanker payudara sejak dini. Jumlah yang sangat besar ini tentu sangat mengkhawatirkan mengingat banyak sekali kasus kanker payudara yang tidak dideteksi sejak dini akan berakhir dengan kematian. Padahal, pakar kesehatan telah mewanti-wanti kaum hawa agar rajin-rajin mengecek payudaranya sehingga jika ada kanker payudara yang dideteksi sejak dini, maka pengobatan pun akan lebih efektif untuk dilakukan.

Payudara yang padat biasanya memiliki jaringan kelenjar lemak yang lebih banyak sehingga bisa memicu masalah kanker payudara atau tumor. Selain kelenjar lemak, jumlah kolagen yang berlebihan juga bisa memudahkan penyebaran sel kanker payudara dengan lebih cepat. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika berlebihnya kolagen dan jaringan lemak pada payudara yang padat ini bisa menjadi tanda adanya estrogen yang juga beresiko mengembangkan sel kanker payudara dengan jauh lebih cepat.

Wanita yang memiliki payudara yang padat akan kesulitan dalam melakukan pengecekan atau pemeriksaan dini kanker payudara mengingat dalam foto mamografi, baik payudara maupun sel kankernya akan memiliki warna serupa, yakni putih. Wanita dengan payudara yang padat pun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai cara terbaik untuk bisa mendeteksi adanya kanker payudara sejak dini. Selain itu, untuk mencegah kanker payudara, wanita dengan payudara yang padat tentu harus rajin-rajin melakukan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan dan juga olahraga yang teratur.