Wanita Dengan Payudara Besar Ternyata Beresiko Mendapatkan Banyak Masalah Kesehatan

DokterSehat.Com – Payudara adalah salah satu bagian tubuh wanita yang bisa memberikan rasa percaya diri. Banyak wanita yang mengeluhkan ukuran payudaranya yang cenderung kecil sehingga kurang bisa percaya diri dan menarik perhatian orang lain. Padahal, banyak kasus dimana wanita yang memiliki payudara yang besar justru mengeluhkan kondisi kesehatannya semakin menurun karena ukuran payudaranya. Apa sajakah resiko yang bisa didapatkan wanita yang memiliki payudara berukuran besar?



Ukuran payudara yang besar tentu akan membuat beban payudara menjadi lebih berat. Dengan beban yang berat pada area dada, tulang belakang pun akan semakin tertekan. Dalam beberapa kasus, wanita yang memiliki payudara berukuran besar sering mengeluhkan rasa nyeri pada bahu, leher, atau punggungnya. Selain memberikan rasa nyeri, beban payudara yang berat juga bisa memberikan masalah pada sistem pernafasan, khususnya masalah sesak nafas. Bernafas akan membuat dada kita mengembang dan mengempis secara teratur. Sayangnya, jika wanita memiliki payudara yang cenderung berat, otot dada pun harus lebih keras bekerja untuk bisa bernafas dengan normal.

Payudara yang berukuran besar biasanya akan cenderung lebih menggantung jika dibandingkan dengan payudara yang berukuran lebih kecil yang biasanya hanya akan mengembang ke depan. Ukuran payudara yang besar dan pada akhirnya menggantung bisa membuat gesekan antara payudara dan kulit dada bagian bawah. Gesekan ini ternyata bisa menyebabkan kulit kemerahan. Selain itu, beban berat payudara yang besar juga membuat tekanan pada tali bra menjadi lebih besar sehingga ruam-ruam pada bahu bisa mudah muncul. Bahu yang lebih tertekan karena beban yang besar juga bisa membuat tangan atau lengan terkena masalah kesemutan atau mati rasa.

Baca Juga:  Mengapa Wanita Cenderung Sulit Mendapatkan Orgasme?

Tidak semua wanita ternyata menyukai ukuran payudara yang besar sebagai ukuran payudara yang diidam-idamkan. Beberapa wanita justru merasa jika ukuran payudara yang besar membuat mereka tidak nyaman secara emosional, apalagi bagi wanita yang cenderung tidak ingin menarik perhatian orang lain. Selain itu, pilihan baju yang bisa dipakai wanita berpayudara besar juga cenderung terbatas karena banyak wanita yang tidak ingin memakai baju yang justru terlalu mengekspos payudaranya yang pada akhirnya membuat rasa tidak nyaman dan kurang percaya diri.