Wanita Dengan Kulit Sensitif Sebaiknya Menghindari Hal Ini

DokterSehat.Com – Tidak semua wanita terlahir dengan kulit yang sehat, kenyal, dan segar sepanjang hari. Beberapa wanita bahkan mengaku jika kulit mereka termasuk dalam jeins yang sensitif sehingga akan cukup mudah mengalami masalah kulit yang tentu akan secara signifikan mengurangi rasa percaya diri, bukan? Pakar kecantikan sendiri menyebutkan jika wanita harus memperhatikan kulitnya dengan lebih baik jika memiliki kulit yang sensitif. Berikut adalah beberapa jenis hal yang harus dihindari oleh wanita yang memiliki kulit yang sensitif.

doktersehat-mandi

Hal pertama yang harus dilakukan wanita yang memiliki wanita dengan kulit sensitif adalah dengan memakai tabir surya, khususnya jika melakukan kegiatan di luar rumah. Kulit sensitif yang terkena sinar matahari akan cenderung bekerja dengan jauh lebih keras untuk membuat perlindungan alamiah. Selain kulit menjadi lebih kering, kulit sensitif yang tidak dilindungi dengan baik memakai tabir surya akan cenderung mudah mengalami penuaan dini layaknya keriput. Saat memakai kosmetik, pakar kecantikan juga menyarankan wanita dengan kulit sensitif untuk menghindari produk yang beraroma wangi. Tahukah anda, produk kosmetik yang wangi akan cenderung membuat kulit sensitif mengalami iritasi sehingga sebaiknya dihindari saja.

Kulit yang sensitif juga harus mendapatkan perawatan yang baik. Sebagai contoh, kita tentu tidak bisa tidur dengan muka yang kotor tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Kotoran-kotoran dari debu atau bahkan sisa kosmetika bisa membuat pori-pori tersumbat, memicu munculnya jerawat, iritasi, hingga kulit kasar. Rajin-rajinlah membersihkan wajah sebelum tidur untuk tetap menjaga kulit sehat, segar, dan tidak terlihat tua. Bagi anda yang sering melakukan scrubbing, ada baiknya anda melakukan hal ini sekali atau dua kali saja dalam sepekan untuk menghindari iritasi pada kulit sensitif.

Baca Juga:  Gigi dan Gusi Sehat, Jantung Pun Ikut Sehat

Wanita dengan kulit yang sensitif juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, khususnya yang memiliki kandungan gula tinggi. Molekul gula ternyata bisa mempengaruhi kolagen dan juga elastin protein pada kulit yang pada akhirnya membuat inflamasi atau peradangan. Cobalah mengkonsumsi dengan asupan gizi yang sehat sehingga kulit pun akan ternutrisi dengan baik sehingga tetap sehat, cantik, dan segar.