Wanita Cukup Rentan Mengalami Penyakit-Penyakit Berikut

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berkata jika wanita memiliki banyak sekali perbedaan dengan kaum pria. Secara fisik, jelas perbedaan antara wanita dan pria sangat terlihat dengan kentara. Selain itu, dari sisi psikologis pun kita bisa melihat perbedaan mendasar antara pria dan juga wanita. Yang menjadi masalah adalah, wanita juga mengalami kecenderungan untuk mendapatkan berbagai macam penyakit yang bisa sangat membahayakan. Berikut adalah beberapa penyakit yang rentan menyerang wanita sehingga kita pun bisa memberikan perlindungan terbaik pada kesehatan tubuh.

doktersehat-kanker-payudara

Penyakit pertama yang sangat rentan menyerang wanita adalah depresi. Pakar kesehatan menyebutkan jika jika dibandingkan dengan pria, wanita ternyata memiliki resiko lebih besar mengalami depresi, dan rasionya bahkan bisa mencapai dua kali lipat. Banyak pakar yang bepikir jika adanya pengaruh biologis mengingat wanita akan mengalami fase menstruasi, melahirkan, atau bahkan menopause yang bisa memicu perubahan hormon sehingga bisa mengalami depresi.

Penyakit kedua yang sangat rentan menyerang kaum wanita adalah penyakit lupus. Penyakit lupus sendiri adalah sebuh kondisi dimana sistem imunitas tubuh justru akan menyerang berbagai jaringan dan sistem tubuh yang masih bekerja dengan normal. Sebagai contoh, persendian dan juga kulit yang pada awalnya sehat-sehat saja justru diserang oleh sistem imun tubuh dan akhirnya akan mengalami kerusakan. Pakar kesehatan dari Lupus Foundation of America menyebutkan jika setidaknya 90 persen penderita lupus adalah wanita muda yang tentu kini harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatannya.

Penyakit berikutnya yang bisa menyerang wanita adalah penyakit celiac. Penyakit ini akan membuat sistem kekebalan utbuh justru akan bereaksi negatif saat kita mengkonsumsi makanan dengan kandungan gluten, sebuah protein dari bahan makanan gandum, rye, hingga barley. Meskipun terlihat layaknya gangguan pencernaan biasa, penderita cliac akan mengalami penurunan berat badan drastis dan mendapatkan sakit perut yang cukup parah, diare, hingga kembung-kembung.

Baca Juga:  Delapan Manfaat Diet Sayuran

Wanita juga cenderung akan jauh lebih rentan mengalami sindrom kelelahan kronis yang bisa membuat tubuhnya akan cenderung selalu merasa lelah dan tidak bisa diredakan dengan waktu tidur yang cukup. Selain otot yang bisa menjadi lebih nyeri, sindrom kelelahan kronis ternyata bisa memicu masalah pada daya ingat. Wanita sendiri akan lebih mudah mengalami sindrom kelelahan kronis hingga empat kali lipat jika dibandingkan dengan pria.