Wanita Butuh Lebih Banyak Cairan Dibanding Pria

DokterSehat.Com – Kebutuhan cairan antara orang dewasa dan anak-anak tidaklah sama. Anak-anak cenderung lebih mudah kehilangan jumlah cairan dibanding orang dewasa. Namun, apakah itu berarti semua orang dewasa mempunyai nilai akan kebutuhan cairan yang sama?



Ada sedikit perbedaan pada jumlah kandungan air di dalam tubuh manusia antara pria dengan wanita yang mana pada pria sekitar 80% sedangkan pada wanita sedikit di bawahnya yaitu berkisar 75%. Meskipun jumlah kadar air dalam tubuh wanita lebih sedikit dibandingkan dengan pria, tetapi ternyata wanita membutuhkan lebih banyak air dibanding pria.

Wanita yang telah minum air sesuai batas anjuran ternyata belum tentu dapat mencapai performa terbaiknya, demikian menurut penelitian. Tingkat estrogen dan progesteron wanita yang cenderung fluktuatif setiap bulannya dapat memengaruhi kemampuan hidrasi mereka. Ketika kadar hormon estrogen dan progesteron tinggi seperti saat PMS, seorang wanita kehilangan sekitar 8 persen plasma darah. Progesteron yang tinggi juga dapat menaikkan suhu tubuh hingga sekitar 17 derajat celcius. Pada periode tersebut aktivftas metabolisme pada wanita cenderung meningkat sehingga penggunaan kalori serta cairan juga ikut meningkat. Bila tidak diimbangi dengan minum air yang cukup, maka tubuh berpotensi mengalami dehidrasi.

Ketika kadar progesteron sedang tinggi, kondisi tersebut juga akan berpengaruh pada fungsi hormon seperti aldosteron yang berperan dalam produksi sodium. Hal ini mengakibatkan sodium yang dibuang dari tubuh menjadi semakin banyak. Keseimbangan kadar sodium dalam tubuh berperan penting dalam membantu transportasi air ke darah.

Dampak fluktuasi hormon yang terjadi pada wanita dapat diantisipasi dengan hidrasi dan makanan yang tepat. Selain cairan, wanita juga membutuhkan lebih banyak elektrolit dari kalium, natrium dan magnesium, untuk menunjang kinerja otot sistem reproduksinya. Sayangnya, masih banyak wanita yang belum menyedari pentingnya hal ini terutama ketika memasuki masa menstruasi. Maka dari itu, mulailah biasakan diri untuk membawa bekal air minum ketika berpergian Sistem tubuh tentunya akan bekerja lebih optimal bila kebutuhan cairan terpenuhi dengan baik.