Wanita Bisa Berusia Semakin Panjang Jika Rajin Membersihkan Rumah

DokterSehat.Com – Meskipun tidak bekerja, banyak wanita yang mengeluhkan pekerjaan rumah tangga yang seakan-akan tidak ada habisnya. Bagaimana tidak, pekerjaan rumah tangga memang selalu muncul mengingat barang rumah tangga selalu dipakai sehingga akan kotor kembali. Banyak pasangan yang pada akhirnya memilih untuk mempekerjakan asisten rumah tangga agar bisa mengatasi semua pekerjaan yang tak kunjung habis ini. Meskipun pada akhirnya bisa membuat ibu lebih bersantai, pakar kesehatan justru menyebutkan jika ada baiknya wanita melakukan pekerjaan rumah tangganya sendiri mengingat ada dampak positif bagi kesehatan tubuhnya, yakni membuat usia wanita semakin panjang. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-perkerjaan-rumah

Sebuah penelitian di Belanda, tepatnya di University Medical Center yang berada di kota Rotterdam menyebutkan jika wanita yang pada usia 55 tahun cenderung sedikit melakukan pekerjaan rumah tangga memang bisa menjalani hidup hingga usia 83 tahun. Namun, wanita dengan usia 55 tahun ternyata cukup rajin melakukan pekerjaan rumah tangga layaknya membersihkan lantai rumah, mencuci baju, atau mencuci piring, ternyata bisa menambah harapan usia hingga tiga tahun, tepatnya hingga wanita berusia 86 tahun.

Penelitian yang melibatkan setidaknya 7 ribu pria dan wanita di Belanda ini menyebutkan jika wanita yang rajin melakukan pekerjaan rumah tanpa disadari telah aktif bergerak dan hal ini mendukung gaya hidup sehat sehingga mereka yang suka membersihkan rumah atau mencuci baju cenderung lebih sehat sehingga berusia lebih panjang.

Lantas, apakah pekerjaan rumah tangga juga baik bagi pria? Penelitian ini menunjukkan jika pekerjaan rumah tangga kurang memberikan dampak kesehatan masif bagi pria meskipun andai pria suka berkebun, usianya justru akan bertambah rata-rata 2,7 tahun. Berkebun ternyata bisa menurunkan kadar stres yang diakibatkan oleh tekanan pekerjaan pada pria sehingga mereka pun bisa mendapatkan kesehatan yang lebih baik pada tubuhnya.