Wanita Bertubuh Gemuk Beresiko Mengalami Masalah Kehamilan Berikut Ini

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika wanita dengan tubuh yang gemuk cenderung kurang sehat dan tidak memiliki tampilan yang menarik. Namun, tahukah anda jika tubuh yang gemuk memang memiliki resiko terkena beberapa penyakit berbahaya layaknya diabetes, obesitas, masalah jantung, kanker, dan lain sebagainya. Baru-baru ini, pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika wanita yang gemuk akan cenderung mengalami masalah dalam kehamilan. Apa sajakah masalah tersebut?

doktersehat-lemak-gemuk-lipedema-melahirkan

Pakar kesehatan menyebutkan jika wanita yang mengalami kelebihan berat badan ternyata memiliki resiko besar dalam mendapatkan kehamilan yang berbahaya baik itu bagi sang ibu maupun bagi sang buah hati. Sebagai contoh, jika seorang ibu hamil dengan berat badan yang sangat tidak ideal hamil, maka Ia akan membahayakan kondisi kesehatan sang anak selama di janin. Bagaimana tidak, anak yang terlahir dari ibu yang memiliki berat badan berlebihan selama kehamilan akan beresiko membuat anaknya terkena obesitas atau diabetes anak yang mengerikan. Tak hanya itu, ada pula resiko terkena beberapa penyakit komplikasi yang mematikan.

Resiko berikutnya yang akan dihadapi oleh wanita bertubuh gemuk adalah adanya potensi munculnya komplikasi yang sangat parah. Sebagai contoh, ada resiko bayi akan mengalami cacat lahir yang disebut sebagai spina bifida dimana tulang belakang bayi akan cenderung memiliki celah pada tulang belakangnya. Tak hanya itu, ada pula resiko keguguran atau kematian bayi di dalam kandungan yang sangat tinggi. Bagi wanita sendiri, tubuh yang gemuk beresiko menyebabkan masalah layaknya diabetes gestasional hingga preeklamsia, tekanan darah yang meningkat tajam selama masa kehamilan.

Pakar kesehatan menyebutkan jika wanita dengan berat badan berlebihan akan cenderung lebih sulit untuk hamil. Hal ini berarti, kita memang harus lebih baik dalam menjaga berat badan yang ideal demi kesehatan tubuh dan mendapatkan keturunan yang diharapkan, bukan?