Wanita Berpayudara Besar, Rentan Terkena Nyeri Punggung?

DokterSehat.com – Para wanita yang mempunyai payudara dengan ukuran besar, sebaiknya tidak perlu merasa minder, karena payudara dengan ukuran besar adalah suatu anugerah yang dapat meningkatkan kecantikan. Bukankan cantik itu subjektif?



Yang perlu diperhatikan bagi wanita berpayudara besar adalah bagaimana menjaga kesehatan tulang punggung, sehingga ukuran payudara yang besar tidak menjadi sumber gejala nyeri punggung. Dalam seminar “RHCI Orthopaedic Update on Joint and Spine”, DR dr Luthfi Gatam, SpOT memaparkan bahwa wanita dengan ukuran payudara yang besar memang cenderung lebih rentan terkena risiko nyeri punggung. Hal ini sama seperti kaum pria yang mengalami obesitas, yang mana tumpukan lemak pada bagian perut juga mengancam timbulnya low back pain, posisi tubuh cenderung condong ke depan sehingga berpotensi mencederai punggung.

Tulang belakang manusia ibarat tonggak yang keberadaannya ditopang dengan tali-tali dan tali-tali penopang ini adalah core muscle atau otot inti tubuh. Apabila tali penopangnya kuat, maka bagian tiang tidak akan goyah apalagi rubuh.

Untuk mengatasi low back pain yang disebabkan obesitas dan ukuran payudara besar, dapat dilakukan penguatan otot punggung dengan cara melakukan olehraga ringan secara rutin, mengatur kebiasaan postur tubuh pada saat duduk, dan mengupayakan untuk lebih banyak melakukan aktivitas dalam posisi berdiri daripada duduk.