Wanita Berkelamin Ganda Dari Tegal Ini Melahirkan Anak Pertama

DokterSehat.Com– Santi, wanita berusia 25 tahun dari Tegal ini sempat menjadi buah bibir masyarakat tanah air karena memiliki kelamin ganda. Namun, kini Ia telah berhasil membuktikan dirinya adalah wanita sejati setelah melahirkan anak pertamanya melalui operasi Caesar di RSUD dr. Soesilo, Slawi, Kabupaten Tegal, pada Senin, 30 Oktober 2017.



Bayi yang dilahirkan Santi memiliki berat 3 kilogram dan dalam kondisi sehat tanpa kekurangan apapun, Tarsono, suami Santi, mengaku sangat berbahagia akan kelahiran anak pertamanya ini.

Saat remaja, Sandi memicu kontroversi karena diketahui memiliki kelamin ganda. Hal ini berarti, Ia bisa saja disebut sebagai pria atau wanita. Ia mengaku jika sejak kecil, kondisinya memang begitu adanya. Bahkan, meskipun mengaku sebagai seorang wanita, Santi juga tidak memiliki payudara sebagaimana wanita pada umumnya dan bersuara berat layaknya seorang pria.

Keputusan untuk menjadi seorang wanita dipilih Santi karena mengalami haid pertamanya pada saat usianya 16 tahun. Tujuh tahun setelahnya, Ia pun memilih untuk pergi ke Semarang untuk memeriksakan kondisinya di rumah sakit yang lebih besar.

Pada tahun 2012, Santi akhirnya memilih untuk melakukan operasi kelamin demi menjadikannya wanita sejati. Tak hanya operasi, Ia juga harus menjalani beberapa terapi hormone\ demi menurunkan produksi hormon testosteron pada tubuhnya yang tetap tinggi layaknya yang terjadi pada tubuh pria. Beruntung, semua terapi yang Ia lakukan berbuah manis karena pada tahun 2015 Ia pun dipersunting Tarsono dan pada tahun 2017 Ia pun mendapatkan kehamilan untuk pertama kalinya.

Apa yang dialami oleh Santi sangatlah langka karena kebanyakan orang yang terlahir dengan kelamin ganda cenderung memilih menjadi laki-laki. Bahkan, kasus orang dengan kelamin ganda yang berhasil hamil dan melahirkan juga jauh lebih jarang terjadi dalam sejarah.