Wanita Berhijab Kini Tak Lagi Perlu Khawatir Masalah Rambut Lepek

DokterSehat.Com – Kini, semakin banyak wanita di Indonesia yang memutuskan untuk memakai hijab. Selain karena perintah agama, penggunaan hijab juga kini telah menjadi trend fashion yang sangat populer bagi banyak kalangan, khususnya bagi mereka yang berusia muda. Menggunakan hijab berarti akan membuat rambut kita tertutup dalam waktu yang lama sehingga beresiko membuatnya menjadi lepek. Beruntung, pakar kecantikan menyebutkan jika asalkan kita mampu menjaga kebersihan dan merawat rambut dengan benar, masalah rambut lepek ini tidak akan terjadi bagi wanita yang berhijab.

doktersehat-mulism-naik-haji-jilbab

Untuk merawat rambut dengan baik, ada baiknya wanita tidak memakai hijab saat rambutnya masih dalam kondisi basah. Hal ini berarti, ada baiknya kita tidak mencuci rambut jika memang sebentar lagi harus memakai hijab. Selain bisa membuat lepek, rambut yang masih basah kemudian tertutup dengan hijab beresiko mengalami kerontokan yang parah dan lebih mudah beruban.

Pakar kecantikan sendiri menyarankan wanita yang berhijab untuk mencuci rambutnya sekali dalam dua atau tiga hari saja. Jika dicuci setiap hari, dikhawatirkan rambut justru kehilangan kandungan minyak alami yang bisa membuatnya lebih kering. Sementara itu, jika kita terlalu lama tidak mencucinya, dikhawatirkan rambut menjadi kotor dan berketombe. Usahakan pula segera keringkan rambut setelah berkeramas dengan memakaikan handuk atau membiarkan rambut terkena udara terbuka. Usahakan jangan memakai pengering rambut yang kurang baik bagi kesehatan rambut.

Pemilihan bahan hijab juga menjadi penting dalam menjaga rambut agar tidak mudah lepek. Usahakan hijab yang dipakai bukan yang berbahan panas agar kulit kepala tetap dalam kondisi dingin dan nyaman. Jika hijab kita terlalu panas, dikhawatirkan akan membuat kulit kepala berkeringat sangat banyak dan pada akhirnya membuat rambut menjadi lepek.

Baca Juga:  Waktu yang Paling Tepat Bagi Ibu Hamil Melakukan USG

Gunakan pula masker rambut yang akan membuat rambut ternutrisi, sehat, dan tidak mudah lepek. Ada banyak sekali bahan alami yang bisa dipakai sebagai masker rambut layaknya minyak kelapa, yoghurt, hingga madu.