Wanita Berbobot Setengah Ton Ini Akan Menjalani Operasi

DokterSehat.Com – Wanita asal Mesir bernama Abd El Aty dikenal luas sebagai wanita terberat di dunia. Bagaimana tidak, berat badannya mencapai 500 kg atau setara dengan kira-kira 10 kali berat badan wanita yang masih berusia muda. Karena berat badannya yang luar biasa ini, El Aty pun mengalami berbagai masalah kesehatan sehingga harus melakukan operasi penurunan berat badan atau bariatric surgery. Untuk melakukannya, Ia harus diterbangkan dengan pesawat carter menuju Mumbai, India.



Pilihan untuk melakukan operasi penurunan berat badan ini direkomendasikan oleh pakar kesehatan mengingat berat badan El Aty sudah sangat melampaui batas dan andai tetap dibiarkan, dikhawatirkan kondisi kesehatannya semakin memburuk. Dr. Mukfazzal Lakdawala, seorang pakar bedah, menyebutkan jika Ia memang sudah terlahir dengan berat badan yang luar biasa, yakni 5 kg. Sayangnya, El Aty tidak mampu menjaga gaya hidup sehat sehingga berat badannya pun semakin meningkat tanpa terkendali.

Karena kondisinya ini, El Aty dikabarkan sudah tidak mampu bergerak. Merangkak saja sudah tidak mampu apalagi harus berdiri. Ia bahkan sudah didiagnosis terkena kaki gajah, kondisi dimana anggota tubuh mengalami pembengkakan karena terkena infeksi parasit. Ia pun hanya bisa tiduran di tempat tidur dan memerlukan bantuan keluarganya untuk memenuhi kebutuhan harian.

Melihat kondisi wanita terberat di dunia ini semakin mengenaskan, dr. Lakwadala pun melakukan penggalangan dana agar El Aty bisa diterbangkan ke India demi melakukan operasi mengingat El Aty berasal dari keluarga yang tidak mampu. Beliau bahkan memohon kepada Menteri Luar Negeri India untuk segera mengeluarkan visa untuk El Aty sehingga bisa segera dioperasi.

Selama di Mumbai nantinya, El Aty akan menjalani operasi dan proses pemulihan yang bisa memakan waktu dua hingga tiga bulan. Diharapkan, ke depannya El Aty bisa menurunkan berat badannya hingga di bawah 100 kg sehingga bisa melakukan berbagai aktifitas sebagaimana wanita pada umumnya.