Wanita Bekerja Beresiko Terkena Penyakit Jantung dan Stroke

DokterSehat.Com – Di jaman modern seperti sekarang ini, tentu akan sangat mudah untuk menemukan wanita yang mengejar karirnya di dunia kerja. Selain karena alasan emansipasi wanita, kebutuhan ekonomi dan kehidupan sosial membuat banyak wanita juga membutuhkan pekerjaan. Selain di area perkantoran, kita akan dengan mudah menemukan wanita bekerja sebagai buruh di pabrik yang juga memiliki tingkat tuntutan pekerjaan yang cukup tinggi. Hal ini ternyata bisa membuat wanita memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung dan stroke.

doktersehat-overtime-sibuk-kerja-lembur-stress-memunda-pekerjaan-wanita-resiko-jantung-resiko-kesehatan-wanita-karir

Pakar kesehatan menyebutkan jika perempuan yang bekerja ternyata memiliki resiko tinggi mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh dan terkena stress mengingat beratnya tuntutan pekerjaan yang harus Ia lakukan. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika stress akan meningkatkan kadar hormone stress di dalam tubuh yang bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit.

Yang menjadi masalah adalah, andai pria sudah pulang ke rumah, maka Ia cenderung akan langsung melepaskan kepenatan di tempat kerja dengan bersantai dan menikmati berbagai hal di rumah. Berbeda dengan wanita, ada banyak sekali pekerjaan rumah tangga yang juga harus Ia lakukan. Tak hanya stress yang belum mereda, wanita yang bekerja pun akan mengalami kelelahan yang sangat luar biasa mengingat banyaknya aktifitas yang harus mereka lakukan.

Sebuah penelitian di Denmark yang dilakukan pada tahun 1996 hingga tahun 2006 menyebutkan jika wanita yang bekerja cenderung berpikir lebih berat dan memiliki resiko terkena depresi di usia paruh baya, tak hanya itu, wanita ini juga rentan terkena penyakit jantung dan juga stroke. Penelitian lain yang dipublikasikan pada jurnal National of Economics Research di Amerika Serikat bahkan menyebutkan jika wanita pekerja beresiko tinggi terkena stroke, duduk di depan meja kerja dalam waktu yang lama, dan melakukan gaya hidup yang sangat tidak sehat. Tak hanya beresiko terkena penyakit jantung dan stroke, ada resiko terkena penyakit lain layaknya diabetes, kanker, obesitas, hingga gagal ginjal.

Baca Juga:  Macam-macam Penyakit Akibat Pencemaran Partikel Debu di Udara

Hanya saja, wanita yang ingin mengejar karir tak perlu berkecil hati. Asalkan dengan menjaga gaya hidup sehat dan pandai mengelola stress, sebenarnya kita akan cukup efektif untuk menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya tersebut.