Waktu yang Tepat Untuk Berolahraga

DokterSehat.Com – Waktu yang tepat untuk berolahraga waktu dimana anda dapat berolahraga secara rutin dan konsisten karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa pagi hari maupun sore hari baik untuk berolahraga asalkan seseorang dapat secara rutin dan konsisten melakukan olahraga tersebut.

doktersehat-olahraga-lari-jogging

Jika anda seseornag yang senang berolahraga di pagi hari, peneliti menulis bahwa mereka yang berolahrga di pagi hari lebih konsisten dengan aktivitas olahraga mereka karena ketika anda melakukan olahraga di pagi hari, maka pikiran anda tidak dialihkan dengan berbagai kegiatan atau apapun yang dapat mengganggu waktu olahraga anda. Seseorang yang berolahraga di pagi hari merasa bahwa mereka dapat mengatur waktu mereka lebih baik dan merasa lebih bertenaga dan bernenergi dalam melalui hari hari mereka. Ketika anda melakukan olahraga di pagi hari pastikan anda melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk meningkatkan suhu tubuh anda dan supaya otot anda juga hangat. Beberapa orang mengalami masalah dalam berolahrga pada pagi hari karena merasa lemah, lemas dan pusing ketika berolahraga dengan perut yang kosong sama sekali. Jika hal itu terjadi pada anda, cobalah untuk makan makanan kecil seperti pisang atau yoghurt sebelum berolahraga.

Jika anda seseorang yang suka berolahraga di sore hari, olahraga tersebut berguna untuk melepas stress yang dialami sepanjang hari. Untuk beberapa orang, olahraga pagi hari tidak cocok karena mereka merasa ketika baru bangun tidur otot masih terasa kaku dan gula dalam darah sangatlah rendah. Olahraga di sore hari lebih baik bagi beberapa orang karena mereka merasa badan mereka lebih siap dan suhu tubuh sudah meningkat dibandingkan pada pagi hari, serta otot-otot sudah hangat dan lebih lentur untuk berolahraga. Ketika berolahraga di sore hari, kita juga merasa akan lebih bertenaga dan berenergi karena perut tidak dalam keadaan kosong sepenuhnya seperti pada olahraga di pagi hari.

Baca Juga:  Program Bayi Tabung Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Payudara?

Tujuan berolahraga bisa untuk mengurangi berat badan, mengurangi stress atau hal-hal yang berguna bagi kesehatan tubuh lainnya, begitu banyak manfaat berolahraga tetapi yang terpenting adalah konsisten sehingga pemilihan waktu pagi atau sore sesuai dengan pilihan masing-masing.